Home » » Tips Agar Batu Bacan Tidak Mudah Rapuh

Tips Agar Batu Bacan Tidak Mudah Rapuh

Batu bacan yang belum tua dinilai memeiliki kekerasan yang rendah atau mudah rapuh . Kekerasan batu bacan sangatlah relatif dan tidak dapat disamakan semuanya . Untuk jenis batu bacan palmea , kekerasannya bisa mencapai 7 Skala Mohs . Sedangkan batu bacan doko , kekerasannya sekitar 7,5 Skala Mohs . Tetapi nilai dari Skala kekerasan batu bacan dapat berubah-ubah atau relatif sesuai jumlah mineral yang terdapat pada batu tersebut .

Batu bacan memang termasuk jenis batu daerah yang terpopuler di Indonesia . Disebutkan bahwa batu bacan termasuk kedalam jajaran batu termahal di indonesia . Harga dari batu bacan di pasaran bisa mencapai 5 juta rupiah / size medium . Fenomena kelangkaan dan permintaan yang banyak , diduga menjadi faktor batu ini memiliki harga yang sangat tinggi .

Salah satu kelemahan dari batu bacan adalah batu ini tidak memiliki kekerasan seperti Batu Topaz ataupun Zamrud dan Berlian . Untuk Batu Topaz , kekerasannya bisa mencapai 8 Skala Mohs . Untuk jenis batu bacan tertentu , ukuran kekerasan hanya mencapai 6 Skala Mohs . Jauh dibawah kekerasan Batu Topaz dan Intan .

Di pasaran , beredar informasi treatment atau perawatan agar batu bacan tidak mudah rapuh dan memiliki kekerasan yang tinggi . Informasi ini belum tentu benar , tetapi juga belum tentu salah . Eksperimen yang dilakukan penggemar batu bacan untuk membuat batu ini tidak mudah rapuh , sangatlah banyak . Jadi , kita harus memilih treatment seperti apa yang cocok untuk jenis batu bacan .



Salah satu perawatan yang paling tenar adalah merendam batu bacan dengan cairan Isotonik dan AntiOksidan . Cairan tersebut bisa didapat pada air kelapa dan minuman pengganti ion . Namun , tidak semua jenis batu bacan cocok dengan teknik perendaman . Untuk Bacan Doko , disebutkan bahwa teknik perendaman sangat cocok untuk menghilangkan jerong atau warna hitam pada lapisannya . Namun untuk jenis Batu Bacan Palmea , teknik ini dinilai tidak cocok . Karena dapat menyebabkan batu menjadi lebih rapuh .

Cara Merawat Batu Bacan

Cara Merawat Batu Bacan

Ada salah satu perawatan yang bagus dan tidak beresiko merusak batu bacan anda . Teknik perawatan tersebut dinamai meminyaki batu cincin . Minyak yang bisa anda gunakan adalah minyak jaitun , minyak makan (Minyak Goreng) , Baby Oil dan minyak kayu putih . Caranya adalah sebagai berikut :
  • Rendam batu bacan selama satu malam dengan minyak jaitun .
  • Saat memakainya , gosokkan batu cincin terlebih dahulu menggunakan kain jeans , Dan usahakan memolesnya dengan minyak jaitun lagi .
  • Saat dipakai , biarkan minyak berada di lapisan batu anda dan jangan dihilangkan menggunakan kain .
Manfaat meminyaki batu bacan setiap hari adalah sebagai berikut :
  1. Batu Bacan anda akan terlihat lebih mengkilap dan indah .
  2. Tidak akan terjadi pengeroposan dikarenakan minyak sifatnya bukan untuk menghancurkan kandungan mineral yang ada didalam batu .
  3. Batu bacan anda akan cepat mengalami perubahan dikarenakan adanya rangsangan minyak yang menyerap kedalam batu .
Hati-hati menjalankan teknik dan perawatan batu bacan yang beredar di internet . Karena tidak semua teknik perawatan baik untuk batu anda . Salah satu cara merawat batu bacan yang tidak beresiko adalah dengan memberikannya minyak setiap hari .

Menambah Kekerasan Batu Bacan

Untuk menambah kekerasan batu bacan , anda dapat melakukan perawatan berikut :
  • Oleskan minyak ke permukaan batu bacan . Minyak yang dimaksud bisa menggunakan minyak jaitun , minyak goreng , baby oil , atau juga bisa minyak kayu putih . Tapi kami lebih menganjurkan anda menggunakan minyak jaitun atau minyak goreng .
  • Lengketkan batu bacan anda diatas sebuah kayu bakar . Atau juga bisa bekas pembakaran . Asapi batu bacan dengan jarak yang tidak terlalu dekat dengan panggan atau kayu bakar . Atur jarak agar panas asap tidak terlalu panas . Setidaknya berikan jarak 1 meter dari api .
  • Dengan mengasapi batu bacan , disebutkan dapat menambah kekerasan struk batu tersebut . Batu tersebut tidak mudah rapu dikarenakan adanya hawa panas yang baik untuk memperkeras lapisan batu bacan anda .
  • Lakukan perawatan ini maksimal 2 kali dalam sebulan .
Demikian artikel singkat tentang bagaimana cara merawat batu bacan dan menambah kekerasannya . Informasi ini kami dapatkan melalui penggemar batu cincin dan beberapa pedagang batu cincin yang merekomendasikan hal yang sama . Disebutkan bahwa teknik ini merupakan cara perawatan batu bacan yang paling aman dan tidak beresiko merusak batu bacan milik anda .

Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger