Home » » Batu Akik Terpopuler Yang Bisa Berubah Warna

Batu Akik Terpopuler Yang Bisa Berubah Warna

Salah satu keunikan dari batu cincin adalah perubahaan warnanya . Hal ini menjadi daya tarik bagi mereka penggemar batu akik dan juga bagi mereka yang baru terjun menggemarinya . Perubahaan warna yang alami disebutkan membutuhkan proses yang tidak sebentar . Oleh karena itu , ada seni perawatan yang harus anda ketahui untuk bisa membuat batu akik anda menjadi berubah warna .

Perubahan warna pada batu akik disebabkan oleh kandungan Chalcedony . Chalcedony sendiri adalah bentuk kriptokristalin dari silika, terdiri dari mineral kuarsa dan moganit yang saling bertumpuk . Kuarsa dan moganit merupakan mineral silika, namun kuarsa memiliki struktur trigonal sedangkan moganit bersifat monoklinik . Istilah Chalcedony dikenal luas oleh masyarakat kita sebagai batu mulia yang tembus cahaya .

Kandungan Chalcedony sendiri dapat larut pada suhu-suhu tertentu . Meski memiliki senyawa kimia yang identik dengan kuarsa, chalcedony bersifat lebih larut dibandingkan kuarsa pada temperatur yang rendah. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh kristal chalcedony yang lebih halus sehingga memiliki rasio luas permukaan dan volume yang lebih tinggi. Kelarutan yang lebih tinggi ini juga diperkirakan karena keberadaan mogani .



Batu akik yang tembus cahaya disebutkan lebih mudah mengalami perubahaan warna . Perubahaan warna sendiri bisa diakibatkan oleh suhu , reaksi kimia , dan lain-lain . Oleh sebab itu , beberapa batu akik yang akan kami sebutkan dibawah ini pastilah memiliki struktur batu yang tembus cahaya .

Batu Giok Solar Aceh

Batu Giok Solar awalnya akan terlihat berwarna hijau kehitaman . Namun , jika sudah berubah warna maka batu ini akan terlihat berwarna hijau kekuningan dan bercampur coklak . Saat perubahaan warnanya telah terjadi , maka batu ini disebut sebagai batu bio solar . Untuk bio solar sendiri , harganya pun cukup fantastis mengingat batu ini termasuk dalam kategori yang langka .

Batu Akik Terpopuler Yang Bisa Berubah Warna

Batu Bacan

Batu bacan sendiri juga bisa berubah warna . Biasanya , perubahaan warna pada batu bacan terletak pada warnanya yang lebih kuat . Perubahan dari warna batu bacan dapat anda amati setiap hari . Biasanya , akan ada sisa-sisa warna lama yang belum mengalami perubahan warna . Batu Bacan saat ini menjadi batu yang terpopuler di Indonesia . Harganya yang sangat fantastis , membuat batu ini masuk kedalam kategori batu termahal di Indonesia .

Batu Akik Sungai Dareh

Perubahaan warna pada batu akik sungai dareh terlihat dari warna motif atau lumut yang terpendam didalamnya . Biasanya , jika perubahaan warna telah terjadi , maka batu akik sungai dareh milik anda akan terlihat lebih transparan atau memiliki kekristalan yang indah . Batu akik sungai dareh termasuk kedalam jajaran batu terpopuler di Indonesia dan juga paling banyak dicari . Jika sebuah batu akik sungai dareh telah menunjukkan kekristalan yang maksimal , maka harganya pun akan melambung tinggi di pasaran .
Dari daftar-daftar diatas menujukkan sebagian kecil dari ratusan jenis batu akik yang bisa berubah warna . Kami tidak menyertakan semuanya , mungkin dilain waktu kami akan menuliskan artikelnya untuk anda . Jadi , kunjungi selalu blog misteripenampakan.blogspot.com , untuk mengetahui informasi terbaru seputar batu akik .

Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger