Home » » Rahasia Kenapa Batu Akik Bisa Berputar

Rahasia Kenapa Batu Akik Bisa Berputar

Selain memiliki keindahaan , batu akik juga memiliki keunikan . Salah satu keunikan batu akik adalah bisa berputar . Jenis batu akik yang bisa berputar , tentunya hanya beberapa saja . Belum ada penelitian lebih lanjut , kenapa beberapa batu akik bisa bergerak , berjalan , dan berputar . Kali ini , kita akan mengupasnya melalui sudut pandang ilmiah , dan bukanlah melalui sudut pandang supranatural .

Untuk mencoba apakah batu akik anda bisa berputar , anda dapat menyediakan sebuah wadah yang berisi air cuka atau air jeruk nipis . Zat asam yang ada didalam air tersebut , dapat membuat reaksi terhadap batu akik . Anda tinggal meletakkan batu akik disebut piring yang sudah diberi air cuka atau air jeruk nipis , maka batu akik anda akan berputar . Itu pun kalau memang batu akik anda jenis yang bisa bergerak .
Lalu apa yang menyebabkan batu akik bisa berputar ? . Ternyata , ada kandungan seperti kapur yang terdapat didalam batu akik tersebut . Selain kapur , ada beberapa kandungan mineral lainnya yang bisa bereaksi jika terkena zat asam dari jeruk nipis atau air cuka .

Kol Buntet , Batu Fosil yang bisa berputar
Saat zat tersebut terkena asam , maka akan bereaski menjadi sebuah gas . Gas tersebut yang menyebabkan terciptanya daya dorong . Sehingga , batu akik anda bisa bergerak atau berputar . Dibeberapa kasus , bahkan batu akik tersebut bisa berjalan maju .

Bukti Bahwa Gas Yang Menggerakkan Batu akik 

Bukti bahwa gas yang menggerakkan batu akik , bisa anda lihat dari gelembung-gelembung yang muncul dari dalam pori-pori lapisan batu . Anda juga bisa melakukan uji coba terhadap baking soda atau tepung kue yang biasa dijual di supermarket .
Saat baking soda terkena air cuka atau air jeruk nipis , maka akan tercipta sebuah gas akibat reaksi pertemuan zat asam bertemu dengan baking soda . Gas tersebut juga terjadi pada beberapa batu akik yang menyebabkan adanya daya dorong , sehingga batu akik terlihat berputar .
Hal tersebut merupakan contoh penjabaran atau penjelasan dari batu akik berputar . Hal ini belum tentu menjadi jawabannya . Karena perlu penelitian lebih lanjut mengenai hal ini .

Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger