Home » » Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal

Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal

Batu bacan adalah jenis yang saat ini paling banyak dicari . Warnanya yang begitu indah membuat banyak orang memplesetkan Bacan menjadi BAtu CANtik . Para kolektor batu yang ada di seluruh indonesia pasti merasakan betapa meningkatnya pamor batu bacan di pasaran . Trend batu bacan tentunya diikuti oleh jenis-jenis batu yang berasal dari Maluku lainnya .

Batu bacan yang mahal , memiliki ciri-ciri tembus cahaya . Model kristal banyak dicari karena dianggap sebagai batu dewasa atau sudah siap pakai . Berbeda dengan jenis batu yang belum tembus cahaya dan dianggap belum cukup umur alias batu muda .

Pada saat ini , banyak masyarakat yang membeli jenis batu bacan yang belum tembus cahaya . Hal ini dikarenakan harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan yang sudah menjadi kristal . Hal ini sama dengan jenis-jenis batu lainnya . Contohnya saja adalah sungai dareh . Batu yang berasal dari Sumatera Barat ini juga memiliki harga yang mahal apabila sudah menjadi kristal atau tembus cahaya .

Oleh karena itu , para pemilik bacan muda banyak yang mengembangkan teknik dan perawatan secara mandiri , untuk mendapatkan tampilan batu yang kristal atau tembus cahaya . Perawatan batu bacan disebutkan sangat sensitif bila anda tidak hati-hati . Salah dalam penggunaan bahan , tentunya akan berdampak negatif pada batu kesayangan anda .


Cara Merawat Batu Bacan Agar Cepat Kristal


Beberapa cairan pengkristal batu banyak dijual di pasaran . Namun tetap saja , resikonya yang sangat besar membuat banyak para penggemar tidak jadi menggunakan cairan pengkristal yang ada di pasaran . Banyak kejadian-kejadian yang dialami oleh penggunanya , dimana warna dari batu bacan rusak dibuatnya . Hal ini karena cairan tersebut memiliki bahan kimia yang belum tentu baik untuk batu anda .

Cara Membuat Batu Bacan Menjadi Kristal

Beberapa penggemar batu cincin telah mengembangkan teknik tradisional dalam perawatan batu bacan untuk membuatnya menjadi kristal atau tembus cahaya . Kekritalan batu tentunya harus kita pahami dengan baik . Agar anda dapat memahami sepenuhnya proses pengkristalan pada batu , dibawah ini akan kami jelaskan secara singkat kepada anda .
Struktur kekristalan batu bacan ada yang bisa anda lihat hanya dengan mata telanjang dan ada juga yang hanya anda bisa lihat melalui mikroskop . Struktur mineral pembentuk kristal tentunya bisa dirangsang melalui proses perawatan yang tepat . Namun , kami tidak menjamin jika perawatan yang ada dibawah ini dapat membuat batu bacan menjadi kristal . Salah satu kunci sukses dalam perawatan batu adalah konsisten pada satu teknik .

Adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan akan kami jelaskan secara detail dibawah ini .

Mengasapai Batu Bacan ( Smoke Procces )

Mengasapi batu bacan adalah salah satu teknik rahasia dalam mempercepat kekristalannya . Teknik perawatan yang satu ini dianggap ampuh untuk merangsang pertumbuhan kristal dan pembentukan warna yang semakin kuat . Dengan menstimulus zat-zat karbon yang ada didalam asap , maka mineral yang ada didalam batu bacan akan bereaksi dan meregenerasi mineral-mineral lainnya .
Kita ketahui bahwa batu bacan memiliki kandungan mineral yang bermacam-macam . Kami belum mendapatkan data pasti mengenai kandungan apa saja yang ada didalam batu bacan . Namun , kami mendapatkan bocoran dari pedagang batu bacan beberapa waktu yang lalu , bahwa hanya dengan menggunakan teknik pengasapan yang tepat , akan membuat batu bacan menjadi kristal . Selain itu juga , proses ini dianggap mampu membuat batu bacan tidak mudah rapuh . 

Merendam Batu Bacan Dengan Air Mineral

Air mineral tentunya sangat mudah anda dapatkan dipasaran . Dengan merendam beberapa hari batu bacan dengan air mineral , disebutkan dapat membantu mempercepat regenerasi mineral yang ada didalam batu tersebut . Teknik perendaman sebenarnya merupakan cara klasik yang sudah diketahui oleh banyak orang . Mulai dari merendam dengan air hujan , air kelapa , alkohol , kini dilakukan oleh banyak orang . Namun , perendaman dianggap lebih aman dibandingkan teknik lainnya .
Terbukti atau tidaknya tentu tergantung kondisi dari sebuah batu . Bisa kita pastikan bahwa setiap komposisi mineral yang ada didalam batu sejenis , tidak akan memiliki komposisi yang sama . Hal ini sangat tergantung dari daerah atau faktor geografis dari sebuah bongkahan batu ditemukan . Kandungan zat-zat yang ada didalam tanah , juga mempengaruhi sebuah batu . Oleh karena itu , anda akan menemukan perbedaan dari jenis batu yang sama dan berasal dari daerah yang berbeda .
Anda cukup merendam dengan air mineral selama beberapa hari , kemudian keringkan dengan menggunakan kain dan letakkan batu didalam suhu ruangan selama beberapa waktu untuk mengembalikan dan menormalkan kelembaban pada batu bacan milik anda .

Cara Cepat Agar Batu Bacan Menjadi Kristal

Proses perubahan sturuktur kekristalan mineral pada batu tersebut , tentunya membutuhkan proses yang tidak cepat . Agar perubahan pada batu bacan menjadi cepat , maka perlu konsistensi anda dalam melakukan trik-trik yang ada di atas . Tips dari kami adalah jangan menggunakan bahan-bahan kimia dalam usaha untuk mengkristalkan batu bacan . Dengan cara alami lebih bagus daripada harus menggunakan bahan kimia yang beresiko dapat merusak batu .
Selain cara diatas , ada beberapa cara lagi yang bisa anda lakukan dirumah ,

Mendinginkan Batu Bacan ( Penghabluran )

Berikutnya adalah proses pendinginan . Proses ini banyak dilakukan oleh para penggemar batu untuk mendapatkan warna dan struktur kristal yang sempurna dari batu . Dengan mendinginkan batu bacan , dapat merangsang pembentukan mineral-mineral lainnya . Untuk cara ini , anda dapat melakukan tahapan-tahapan berikut :
  1. Sediakan sebuah wadah kecil tempat batu bacan .
  2. Isi dengan air mineral atau juga air biasa .
  3. Masukkan batu bacan kedalam wadah yang sudah  berisi air 
  4. Kemudian masukkan kedalam kulkas dengan suhu es batu .
Bentuk kristal dari sebuah batuan tidak menjadi sifat dari keseluruhan bagian batu . Oleh karena itu , anda akan menemukan batu bacan yang tembus dan tidak tembus . Komposisi dari tiap-tiap batu tentunya berbeda walaupun merupakan jenis yang sama .
Bila dilihat dari objek 2 dimensi , bentuk-bentuk kristal terbagi menjadi 3 , yaitu :
  • Euhedral - Kristal asli menjadi batas mineral
  • Subhedral - Tidak ada objek yang terlihat yang dapat membatasi mineral
  • Anhedral - Bentuk dimana mineral tidak memiliki kekristalan
Pembentukan kristal di alam tentunya membutuhkan proses yang sangat lama . Ribuan bahkan jutaan tahun lamanya . Dengan cara mendinginkan batu bacan , diharapkan dapat merangsang pembentukan kristal yang ada didalam struktur mineral pada batu . Proses pendinginan dianggap aman , karena tidak beresiko sama sekali untuk merusak batu .

Manfaat Mengkristalkan Batu Bacan

Dengan membuat batu bacan anda menjadi kristal , tentunya akan menambah nilai jual dari batu tersebut . Pada saat ini , harga batu bacan yang sudah tembus cahaya bisa dibandrol dengan harga 20 - 30 juta rupiah . Jika struktur batu bacan anda jernih tanpa ada flek atau warna hitam nya , maka harga batu bacan anda bisa lebih mahal lagi .
Harga batu bacan bahkan disebutkan mengalahkan berlian pada saat ini . Jika diamati , fenomena batu bacan menjadi hal yang unik . Presiden Amerika Serikat yaitu Barrack Obama bahkan memakai batu ini . Hal ini lah yang dipercaya membuat batu bacan menjadi naik harganya .

Jenis-Jenis Batu Bacan Populer

Batu bacan yang paling populer saat ini adalah jenis palamea , doko , dan obi . Selain itu juga , ada banyak jenis-jenis lainnya yang mungkin belum anda ketahui . Batu bacan hanyalah sebagian dari kekayaan batu mulia yang ada di maluku . Salah satu yang saat ini mulai naik daun adalah Batu Bacan Jahanam . 

Batu Bacan Jahanam adalah batu yang dipercaya mengandung khasiat yang tinggi bagi si penggunanya . Di Daerah Maluku , batu ini memiliki harga yang lebih tinggi daripada jenis lainnya .

Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger