Home » » Yang Menyebabkan Warna Black Opal Tidak keluar

Yang Menyebabkan Warna Black Opal Tidak keluar

Apakah anda saat ini memiliki jenis batu black opal ? . Di Indonesia sendiri , black opal berasal dari daerah Bantent . Batu black opal termasuk kedalam kategori langka yang kini banyak diburu karena keunikan warnanya . Black Opal sendiri banyak kita temui di negara Indonesia , Australia , Ethiopia . Batu Opal sendiri bahkan menjadi batu permata nasional untuk negara Australia . Faktanya , 90% jenis batu opal berasal dari negara kanguru tersebut .

Apa jadinya bila black opal yang anda miliki tidak menunjukkan keindahaannya . Salah satu keunikan dari black opal adalah kelap kelip warna yang beragam dan terdapat pada sturuktur lapisan batu . Memiliki batu black opal yang belum keluar warnanya , tentu membuat anda bosan dan tidak bersemangat dalam memakainya .

Yang menyebabkan warna black opal tidak keluar adalah reaksi pertemuan mineral pada lapisan batu , belum menunjukkan reaksi yang kuat . Sehingga , warna pada lapisan tersebut tidak dapat dilihat . Kemungkinan lainnya adalah struktur mineral batu black opal milik anda , menutupi kandungan mineral lainnya . Sehingga warna tidak akan bisa dilihat .

Lalu bagaimana cara agar warna pada batu black opal cepat keluar ? . Ada salah satu metode yang paling umum dilakukan oleh para pengerajin batu black opal , dalam mengusahakan tampilannya yang lebih warna . Batu black opal yang sudah keluar warnanya , didalam komunitas penggemarnya disebut sebagai batu tua .


Yang Menyebabkan Warna Black Opal Tidak keluar


Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk mempercepat warna dan cara merawat black opal menjadi terlihat adalah dengan melakukan motode pengasapan ( Smoke Proccess ) . Metode ini sendiri disebutkan sangat ampuh untuk mempercepat rangsangan mineral bereaksi , sehingga besar kemungkinanan warna pada batu black opal akan cepat keluar .

Metode ini sendiri memanfaatkan kandungan karbon yang ada pada asap pembakaran , dimana kandungan karbon tersebut dapat membentuk partikel-partikel yang menyebabkan mineral yang ada didalam batu mengalami perubahaan .
Sumber

Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger