Home » » Apa itu Batu Akik Masakan atau Pabrikasi

Apa itu Batu Akik Masakan atau Pabrikasi

Tingginya animo masyarkat membuat jenis batu akik alami semakin naik harganya . Pada saat ini , banyak pengerajin rumahan yang membuat sebuah batu akik masakan . Batu akik masakan adalah jenis batu yang dibuat secara manual , dengan melakukan peleburan dan penyatuan beberapa unsur batu mineral didalamnya .

Pada saat ini , dengan semakin berkembangnya teknologi , maka tidak sulit bagi mereka untuk membuat sebuah batu masakan yang terlihat alami . Hanya perlu menguji isi kandungan batu , dan mencari bahan-bahan dari kandungan tersebut , setelah itu mereka melakukan proses peleburan atau masakan , maka setelah itu terciptalah sebuah batu akik masakan .
Batu akik masakan bisa anda lihat dari serat-serat yang ada didalamnya . Beberapa jenis batu akik masakan akan mudah dilihat tanpa melihat langsung seratnya . Biasanya , batu akik seperti itu sering disebut sintetis atau kaca . Bahan-bahan pembuatannya juga terbuat dari kaca .
Namun ada sebuah perusahaan batu mulia di Amerika , dimana mereka memproduksi batu ruby masakan yang memiliki kepadatan , kekerasan yang sama dengan aslinya . Namun tetap saja , batu masakan bisa kita lihat melalui seratnya . Perusahaan tersebut bernama Chatam .

Cara Melihat Batu Masakan , Dalam Kasus Ini Adalah Ruby

Pada saat ini , jenis batu ruby banyak yang palsu dan beredar di pasaran . Jangan tertipu dengan kekerasan batu yang sudah menembus 9 Skala Mohs . Dengan kecanggian teknologi saat ini , hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil lagi . Adapun beberapa tips bagi anda untuk melihat batu ruby masakan adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan bahwa ruby tersebut tidak memiliki gelembung udara . Dalam beberapa kasus , anda harus menggunakan kaca pembesar khsusus untuk melihat batu . Karena gelembung tersebut , tidak bisa dilihat dengan menggunakan mata biasa .
  2. Anda dapat melihat warna pada ruby . Ruby yang asli memiliki warna merah menyala , sedangkan ruby buatan anda akan bosan melihat warnanya . Jika batu terlihat lebih dari merah kegelapan , maka batu tersebut bukan ruby melainkan garnet dan beberapa jenis batu lainnya .
  3. Bandingkan dengan tekstur kaca . Jika tekstur permukaan batu ruby milik anda seperti kaca , maka batu tersebut adalah palsu .
  4. Cobalah untuk menggesekkan batu dengan koin . Jika ruby yang asli akan tidak terlihat goresan. Karena tekstur batu ruby asli adalah anti gores . Sedangkan yang palsu , akan terlihat goresan .
  5. Coba goreskan ke keramik atau ubin . Jika anda melihat adanya bekas goresan berwarna merah , maka batu tersebut adalah palsu .
Tekstur Gelembung Pada Batu Ruby Chatam
Demikian artikel tentang batu masakan atau pabrikasi . Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda tentang batu mulia .
Sumber

Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger