Home » » Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Badar Besi

Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Badar Besi

Batu badar besi adalah jenis Hematite/Magnetsteen yang mengandung mineral dan memiliki unsur Besi (Fe) yang dominan, struktur mineral yang Trigonal disertai dengan kandungan Oksigen yang tinggi sehingga memiliki warna abu kehitam-hitaman serta hanya memiliki kekerasan 5 – 6 skala Mohs . Mungkin anda mengalami kesulitan untuk membuat batu badar besi kesayangan anda menjadi mengkilap . Tapi tenang , ada beberapaca cara tradisional yang bisa anda lakukan untuk mengkilapkan batu badar besi milik anda .

Seperti yang sudah disebut diawal bahwa batu badar besi memiliki kandungan besi yang dominan , sehingga kita memerlukan bahan khusus untuk mengkilapkan batu badar besi . Adapun bahan-bahan yang bisa anda persiapkan untuk membuat batu badar besi menjadi mengkilap adalah sebagai berikut:



  1. Kertas Pasir / Amplas - Persiapkan kertas pasir ukuran 1000 dan juga ukuran 1500 . Untuk mengkilapkan batu badar besi , kita memerlukan pengerjaan yang lebih lama dibandingkan dengan jenis batuan lainnya .
  2. Serbuk intan - Persiapkan serbuk intan yang sudah dijadikan dalam bentuk kertas gosok intan . Serbuk intan sudah lama dijadikan sebagai bahan untuk pengkilap batu akik .
  3. Yang terakhir adalah daun pisang . Sebagai tahap finishing untuk mengkilapkan batu badar besi milik anda .
Yang pertama anda lakukan adalah menggosok batu badar besi dengan amplas ukuran 1000 . Pada fase ini , setidaknya anda memerlukan waktu 20 menit untuk menggosok batu badar besi .
Yang kedua adalah menggosok batu badar besi dengan amplas ukuran 1500 . Pada fase ini , setidaknya anda memerlukan waktu sekitar 10 menit . Dari fase pertama dan fase kedua , yang harus anda perhatikan adalah tekhnik menggosok batu badar besi tersebut . Untuk menggosoknya , jangan buat gerakkan maju mundur . Tetapi buatlah gerakkan yang searah .
Yang ketiga adalah menggosok batu badar besi dengan serbuk intan . Pada fase ini setidaknya anda memerlukan waktu 20 menit untuk membuat batu badar besi menjadi mengkilap . Tekhnik menggosok seperti yang sudah dijelaskan diawal .
Yang keempat adalah menggosok batu badar besi dengan daun pisang . Pada fase ini batu tersebut digosok untuk membuat terlihat lebih mengkilap . Minyak alami yang dikeluarkan oleh daun pisang , sangat berguna untuk mengkilapkan batu akik . 
Cara Tradisional Mengkilapkan Batu Badar Besi
Batu Badar Besi
Cara diatas sudah dapat membuat batu badar besi anda terlihat mengkilap . Jika belum menunjukkan kekilapannya , anda bisa menggosoknya dengan jedah waktu yang lebih lama .
Sumber
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger