Home » » Kontes Batu Akik di Yogya Berhadiah Mobil Klasik

Kontes Batu Akik di Yogya Berhadiah Mobil Klasik

Bagi pecinta batu akik, khususnya di wilayah Yogyakarta, ada kontes batu gambar di berhadiah satu unit mobil klasik jenis sedan untuk peserta yang menjadi juara pertama. Kontes batu gambar tingkat nasional ini digelar mulai tanggal 12-16 Agustus 2015 nanti di Halaman Stasiun TVRI Jogja, Jalan Magelang, Yogyakarta.
Ketua Komunitas Batu Gambar Jogjakarta (Kobagjo), Wisben Antoro menyampaikan, mobil classic tersebut berhak diperebutkan oleh semua peserta kontes maupun bursa batu. Mobil itu bisa langsung dibawa pulang pemenang karena akan diserahkan dokumennya, yakni BPKB dan STNK-nya.
"Kontes berhadiah mobil classic ini baru pertama diadakan. Semoga Yogya menjadi barometer batu gambar di Indonesia serta jadi acuhan lomba - lomba serupa yang akan digelar kemudian hari," kata Wisben di aula gedung Persatuan Wartawan Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PWI DIY), Senin (3/8/2015).
Dia menyebut ada sekira 50 stand dalam kontes dan bursa batu. Ada satu keunikan lain dalam kontes ini karena ada Klinik Batu Gambar, sebagai bentuk pengetahuan dan pemahaman pada masyarakat terutama pengemar batu gambar.
"Kita gelar juga sarasehan Batu dengan mendatangkan para ahli dibidangnya. Sudah saatnya, dan dimulai dari Yogya, perlu diterapkan standarisasi penilaian lomba batu gambar," katanya.
Hasil kajian dan rumusan serta kriteria yang ada, lanjut dia, perlu dibakukan. Selanjutnya, digunakan sebagai acuhan secara nasional untuk menilai batu. Sehingga, entitas batu alam asli Indonesia bisa 'dijual' (go) internasional karena memiliki nilai seni yang cukup tinggi.
Ketua Panitia yang juga dari Komunitas Mataram Stone, Dwi Suyono berharap kontes batu gambar ini dapat digelar rutin setiap tahun. Sehingga, diharapkan mampu mengukuhkan Kota Yogyakartasebagai Kota Budaya dan Seni.
"Juara favorit bisa bawa pulang mobil classic. Untuk juara 1, 2, dan 3 memperoleh uang sertifikat dan trophi. Sedangkan untuk juara 4 sampai 10 cukup mendapat sertifikat dari panitia," jelasnya.
Terdapat dua kategori dalam kontes ini, yakni umum dan best of the best atau kategori khusus hanya diikuti oleh batu yang pernah mendapat juara 1 (satu) pada perlombaan dimanapun. Syarat peserta kategori umum cukup membayar administrasi Rp250.000, sedangkan khusus membayar administrasi sebesar Rp500.000.
Kontes batu gambar umum bisa pemandangan, huruf dan angka, sosok atau tokoh, hewan tumbuhan, motif mata dewa atau Sumur Bandung, junjung drajat, dan masih banyak lainnya. Sedangkan kategori khusus juga bebas, tapi menunjukan sertifikat kejuaraan, dan memo LAB.
Untuk pendaftaran bisa melalui email ke kobagjo15@gmail.com atau menghubungi bagian informasi ke nomor kontak 0822 0020 038 dan 0878 3935 7499.
Event ini digelar untuk peringatan Hari Kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus, dan untuk menyemarakan Hari Ulang Tahun Ke 50 TVRI Yogyakarta. Dengan usia yang menginjak setengah abad, stasiun TVRI ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat, khususnya pecinta batu akik.
"Saat ini masih buming batu mulia, kami dari tim TVRI Yogyakarta ingin terus menyemarakan batu mulia di tengah masyarakat," kata Ketua Panitia HUT TVRI Yogyakarta ke-50, Maryanta.okezone
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger