Home » » Jenis-Jenis Batu Akik Untuk Aksesoris

Jenis-Jenis Batu Akik Untuk Aksesoris

Demam batu akik memang terus berlanjut hingga saat ini di Indonesia. Banyak terdapat berbagai macam batu akik dengan keunikan dan keindahannya masing-masing yang diburu oleh para penggila akik. Di Indonesia sendiri setiap dari Sabang sampai Merauke memiliki berbagai jenis batu akik dengan berbagai ciri pesonanya yang membuat banyak orang tertarik. Batu akik langka merupakan batu akik yang banyak diincar oleh kolektor. Entah itu karena keindahan warnanya, keunikan motifnya atau seratnya serta teksturnya, dan masih banyak lagi yang dapat dijadikan kategori batu tersebut dibilang batu langka. Berikut kami akan berbagi mengenai beberapa Jenis-Jenis Batu Akik Untuk Aksesoris yang menjadi sangat populer di kalangan pecinta akik.

Ada beberapa Jenis batu akik langka di dunia ini yang dijual dengan harga yang mahal. Batu akik sering dijadikan aksesoris seperti cincin. Batu akik yang langka dapat dijual dengan harga puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah. Bayangkan saja, hanya untuk sebuah cincin harga yang dipatok sangat tinggi. Namun bagi para pecinta batu akik harga bukanlah kendala yang besar. Untuk batu akik yang langka dan sulit ditemukan tidak heran jika harganya dipatok dengan harga selangit. Tentu saja harga yang ditawarkan sebanding dengan keindahan batu akik itu sendiri.
Bagi Anda yang ingin mengetahui beberapa jenis batu akik yang ada di Indonesia, Anda dapat menyimak ulasan berikut. Ini dia batu akik langka di Indonesia yang dijual dengan harga selangit:
1. Jadeite
Batu akik yang satu ini merupakan batu akik paling langka di dunia. Tidak hanya itu, harga yang ditawarkan juga sangat fantastis. Harga batu akik ini sekitar 3 juta dolar AS per karat. Bahkan batu akik ini pernah dijual dengan harga sekitar 9 juta dolar AS di tahun 1997. Batu akik ini memiliki warna hijau keabuan, sangat cantik dan menarik.
Jadeite
2. Berlian Merah
Selain Batu Cat Eye, Batu akik yang kedua yaitu batu berlian merah. Batu ini menjadi salah satu batu terlangka dan tentunya banyak sekali orang yang mengincarnya. Walaupun Anda memiliki banyak uang belum tentu dapat memiliki batu ini karena memang sangat langka. Batu berlian merah memiliki pesona warna merahnya yang terlihat mewah dan berkelas. Batu berlian ini juga berkristal dan semakin membuatnya terkesan sangat eksklusif. Anda dapat memadukan batu akik berlian ini sebagai cincin, liontin, anting, dan perhiasan lainnya. Melihat harganya, tentu harga batu berlian merah ini tidak jauh berbeda dengan batu Jadeite. Harga per karat berlian merah yaitu dibandrol dengan kisaran harga 2.5 juta dolar AS. Weleh-weleh luar biasa sekali harganya. Batu akik yang satu ini memiliki warna merah keunguan yang menjadi Batu Termahal di Indonesia.
Berlian Merah
3. Serendibite
Batu Akik Termahal di dunia selanjutnya yaitu Serendibite. Batu akik yang satu ini hanya dapat diperoleh di Srilanka. Harga batu akik ini sekitar 2 juta dolar AS per karatnya. Warna batu akik yang satu ini sangat unik, tampak hijau pekat kehitaman.
Serendibite
4. Garnet
Batu Akik Untuk Aksesoris selanjutnya yaitu batu garnet. Batu ini merupakan salah satu batu yang memiliki harga paling mahal di dunia karena kelangkaannya. Batu garnet sangat menarik karena terdiri dari berbagai warna yang cantik. Warna batunya juga sangat jernih, mengkilap, dan bercahaya. Warna-warna batu garnet yang paling populer yaitu warna orange, hijau tua (pekat), merah keunguan, dan lain sebagainya. Keindahan dan keunikan dari batu garnet membuat para kolektor ingin memiliki batu ini sebagai salah satu koleksi batunya yang sangat berharga. Harga per karat dari batu garnet yaitu sekitar 1.5 juta dolar AS. Harga batu garnet ini merupakan harga paling murah dibandingkan dengan batu langka lainnya seperti berlian merah, serendibite, dan juga jadeite.
Garnet
4. Batu Kalimaya
Fenomena batu akik di Indonesia memang telah menjadi tren sejak tahun lalu. Batu akik sejatinya telah ada dari dahulu, namun baru kali ini respon terhadap batu akik begitu dahsyat dan tidak lagi memandang kalangan tertentu yang memiliki batu akik ini. Di Indonesia banyak sekali jenis batu akik yang bisa ditemukan, salah satunya adalah batu cincin kalimaya yang telah terkenal di seantero nusantara. Batu yang merupakan khas dari daerah Banten ini merupakan salah satu jenis batu yang memiliki kualitas terbaik di dunia.
Batu Kalimaya Opal
Batu kalimaya merupakan salah satu jenis batu mulia yang memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Untuk batu cincin kalimaya dengan kualitas terbaik di hargai sekitar USD 2500, sebuah harga yang cukup fantastis. Harga batu kalimaya ini dilihat dari warna dan kualitas batu itu sendiri. Salah satu jenis batu kalimaya yang terkenal adalah batu dengan dasar hitam atau kerap di sebut sebagai batu black opal. Dengan dasar warna hitam berpadu dengan warna warni pelangi, menjadikan batu ini terlihat indah ketika dikenakan. Tidak hanya dengan dasar warna hitam, batu kalimaya dengan dasar warna putih juga indah dan anggun ketika di kenakan.
Untuk memperoleh batu cincin kalimaya dengan warna yang maksimal, Anda perlu melakukan perawatan batu kalimaya untuk mengeluarkan warnanya. Cara merawat batu kalimaya sangat mudah untuk dilakukan, namun diperlukan ketelatenan agar warna batu kalimaya keluar dengan maksimal dan batu terlihat mengkristal. Beberapa cara berikut bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan batu kalimaya dengan warna yang indah, di antaranya adalah:
  1. Rendam batu kalimaya di dalam wadah berisi air hujan. Jika Anda tidak mendapatkan air hujan dikarenakan musim kemarau, maka Anda bisa menggantinya dengan merendam di dalam air kelapa atau air yang mengandung isotonik. Tutup rapat wadah tersebut.
  2. Kemudian Anda bisa menjemur batu kalimaya diatas terik matahari selama 2 sampai dengan 3 jam. Waktu yang paling ideal dalam melakukan penjemuran adalah ketika matahari sedang bersinar dengan terik antara pukul 12 siang sampai 2 siang.
  3. Kemudian simpan batu cincin kalimaya di dalam ruangan yang bersuhu sejuk dan sedikit terkena cahaya.
  4. Tahap selanjutnya adalah dengan membersihkan serta menggosok batu dengan amplas intan sekitar seminggu sekali. Dalam melakukan pembersihan dan penggosokan ini, Anda harus hati-hati karena sifat dari batu kalimaya yang rentan hancur.
  5. Ketika kembang jarong (warna) dari batu kalimaya belum keluar dengan sempurna, Anda bisa melakukan cara diatas selama beberapa kali sampai kembang jarong batu kalimaya keluar dengan maksimal.
Batu cincin kalimaya yang telah keluar kembang jarongnya akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi, dan orang akan berebut untuk mendapatkannya. Hobi yang Anda tekuni bisa mendatangkan ladang rezeki bagi Anda, jika Anda melakukannya dengan niat yang benar dan tulus. Serta tidak menipu orang lain dengan menjual batu kalimaya yang palsu atau sintetis.
Bagi Anda yang hendak membeli Jenis batu akik ini, hendaknya bisa membedakan antara batu kalimaya asli dengan batu kalimaya palsu. Anda bisa bertanya kepada orang yang ahli dalam dunia perbatuan akik, atau bisa mencari informasinya di internet. Memiliki batu kalimaya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, karena batu ini termasuk ke dalam salah satu batu berharga dan langka yang ada di dunia.
5. Batu Merah Delima Asli
Mempunyai batu merah delima asli memang menjadi sebuah prestasi tersendiri. Maklum saja, karena harga batu yang termasuk dalam jenis batu mulia ini harganya selangit. Meskipun mahal, ternyata tetap saja banyak kolektor batu mencarinya. Batu merah delima juga memiliki sejarah yang kental di Indonesia. Dahulu merah delima sering digunakan oleh para jawara untuk melindungi dirinya, terutama dari ancaman musuh seperti pada jaman penjajahan Belanda. Kini meskipun penjajah sudah tidak ada lagi, namun kekuatan mitos batu merah delima masih tetap terjaga. Bahkan banyak kolektor yang berani membeli dengan harga ratusan juta untuk bisa memiliki merah delima yang bertuah.
Jenis Batu Akik Merah Delima
Namun sekarang ditengah tren batu akik, ternyata bayak oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka sengaja membuat batu akik merah delima palsu. Tidak sedikit orang yang tertipu dengan merah delima palsu. Ada yang membeli dengan harga murah, namun ada juga yang membeli dengan harga sama mahalnya dengan batu merah delima asli. Tentu kita merasa tertipu jika sampai batu yang dibeli ternyata merah delima palsu. Dengan demikian, sebaiknya sebelum membeli alangkah baiknya jika diteliti dahulu. Cara membedakan batu merah delima asli alami sangat mudah, sekalipun bagi orang awam yang baru mengenal batu ini.
Inilah cara jitu untuk meneliti keaslian batu merah delima. Cara yang paling mudah ini bisa membuktikan keaslian merah delima tanpa menggunakan teknologi khusus. Anda hanya membutuhkan peralatan seperti gelas dan air putih. Mengapa harus gelas dan air? Karena keunikan dari batu merah delima asli ketika ditaruh didalam gelas yang berisi air mampu memancarkan warna merah. Bahkan bisa menembus sampai 10 gelas lebih yang disusun secara berurutan. Semakin baik kualitas batu maka semakin kuat juga daya pancar kemerahannya. Anda bisa langsung mengujinya setelah membaca cara disini.
Jika Anda sudah menyiapkan beberapa gelas untuk media menguji keaslian jenis batu akik ini, cara mendapatkan batu merah delima asli selanjutnya tuangkan air ke dalam gelas. Susun semua gelas uji secara memanjang supaya nanti mudah untuk membuktikan daya tembus sinar merah dari batu. Kemudian masukkan batu merah delima di gelas yang paling pinggir. Anda bebas memilih pada posisi paling kanan atau paling kiri. Ketika batu sudah dimasukkan ke dalam salah satu gelas, maka batu merah delima asli perlahan-lahan mampu memberikan efek warna kemerahan di air tersebut.
Setelah gelas yang berisi air terlihat efek merah menyala, maka Anda tinggal menunggu proses efek merah menyala di gelas yang sebelahnya. Pembuktian ini membutuhkan proses yang memakan waktu agak lama sampai tembus di gelas yang paling terakhir. Pada batu merah delima asli proses seperti ini merupakan bukti bahwa kualitas dan keasliannya. Berbeda dengan batu merah delima palsu, dalam hitungan menit batu cepat menembus ke gelas yang paling ujung. Sebab pada batu palsu tersebut kadang diberi efek laser atau fosfor sehingga mudah tembus sampai puluhan gelas.
Demikian contoh cara mudah mengetes keaslian batu merah delima. Selain itu, untuk mendapatkan hasil uji yang tepat, Anda bisa membawa ke laboratorium geologi. Anda akan mendapatkan hasil uji secara ilmiah dan bersertifikat. Selain keaslian tersebut, kadang mustika merah delima juga dipercaya memiliki khodam atau kekuatan gaib. Semua itu sebaiknya harus berpegang pada kaidah batu merah delima menurut Islam, sehingga tidak dianggap musyrik dan mengandung mudarat.
Itulah beberapa Jenis-Jenis Batu Akik Untuk Aksesoris dan dibandrol dengan harga selangit. Karena termasuk sebagai batu akik yang langka, tentu saja untuk menemukan batu akik tersebut cukup sulit. Terlebih lagi harganya yang selangit membuat beberapa orang harus berfikir ulang untuk membeli batu akik langka ini. Demikian mengenai jenis batu akik langka dan juga mahal di dunia.Sumber
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger