Home » » Ciri-Ciri Batu Jasper dan Jenisnya

Ciri-Ciri Batu Jasper dan Jenisnya

Batu Jasper merupakan salah satu jenis batu mulia yang sedang banyak diburu oleh para kolektor. Batu mulia yang satu ini memiliki tingkat kekerasan yang berkisar antara 6 sampai 7 Mohs. Sebagian besar dari Jenis Batu Akik ini adalah tidak tembus cahaya. Sehingga ketika disorot dengan cahaya maka batu mulia ini akan memancarkan warna yang cukup unik, tidak seperti batu jenis Kalsedon lainnya. Batu Permata yang satu ini terdiri dari beberapa jenis, setiap jenisnya tentu memiliki warna dan motif yang berbeda. Warna-warna dari batu mulia ini antara lain yaitu warna merah kebiruan, merah kehitaman, cokelat dan juga abu-abu.
Di Indonesia sendiri sebenarnya ada beberapa tempat yang disebut-sebut sebagai penghasil batu Jasper. Namun daerah yang cukup populer sebagai penghasil batu mulia ini adalah daerah Wojo yang ada di Sulawesi Selatan. Nama lain dari batu mulia ini adalah batu Peroso Ogi ataupun batu Pyrus Bugis. Hal ini disebabkan oleh warna dan tekstur batu mulia ini yang mirip dengan Batu Pirus (batu Pyrus Turquoise). Batu mulia yang satu ini merupakan batu mineral yang mengalami pembentukannya melalui proses secara kimiawi. Batu mulia ini mengalami pemanasan, berasal dari proses intrusi dan juga magmatik.
Batu Jasper merupakan Jenis Batu Mulia yang dapat dipengaruhi oleh proses kimia serta unsur kimia yang saling mengikatnya. Batu mulia Jasper sendiri memang termasuk dalam jenis keluarga Kalsedon, walaupun memiliki komposisi yang sedikit berbeda. Perbedaan antara batu Kalsedon dengan batu mulia Jasper adalah pada kejernihannya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, batu Jasper adalah batu yang tidak tembus cahaya. Sedangkan jenis batu Kalsedon sendiri umumnya dapat tembus cahaya. Walaupun begitu, Batu Mulia yang satu ini cukup banyak diminati dan banyak diburu di pasaran. Bagi Anda yang ingin membeli batu mulia ini, ketahui ciri-ciri dari batu mulia Jasper yang asli.

Ini Dia Ciri-Ciri Batu Jasper Asli

Bagi Anda yang ingin membeli batu mulia Jasper, berikut ini ada beberapa ciri dari batu mulia Jasper. Di antaranya yaitu:
1. Warna
Jika dilihat dari segi warna, batu Jasper memiliki begitu banyak variasi warna yang dapat Anda pilih. Antara lain yaitu terdapat batu mulia Jasper dengan hanya satu warna, yaitu hijau, merah, putih, biru, cokelat, krem dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat menemukan batu Jasper merah dengan warna lain, batu mulia ini tampak seperti kue lapis. Batu mulia Jasper ini terdiri dari beberapa warna yang membuatnya terlihat seperti berlapis-lapis.
2. Corak
Batu Jasper ada yang memiliki motif atau corak polos, ada juga yang memiliki corak totol-totol. Selain itu ada juga batu mulia Jasper yang tampak seperti membentuk garis-garis dengan warna-warna yang berbeda. Hal ini juga dipengaruhi oleh komposisi yang membentuk batu mulia Jasper ini sendiri. Serta dipengaruhi juga oleh unsur-unsur kimia dari batu mulia ini yang berbeda-beda.
3. Jenis Kalsedon
Walaupun sebagian besar dari batu Jasper biru atau warna lain tidak dapat membiaskan cahaya, namun ada juga beberapa yang dapat membiaskan cahaya.
4. Tekstur
Batu mulia yang satu ini juga memiliki keindahan yang tidak kalah dengan batu-batu mulia jenis lainnya. Keindahan yang dimiliki batu mulia Jasper terlihat seperti sebuah tema gambar yang merupakan seni yang sangat indah.
Batu Jasper juga ditemukan di daerah-daerah lain di seluruh Nusantara, contohnya saja di Jawa Barat. Untuk batu mulia Jasper yang ditemukan di Jawa Barat, tepatnya di Tasikmalaya pernah ditemukan batu mulia ini lebih dari 200 ton. Bayangkan saja betapa banyaknya jumlah batu mulia Jasper yang telah ditemukan tersebut. Dengan jumlah yang begitu banyak, tentunya hal tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi warga Jawa Barat. Batu mulia ini terkenal memiliki keindahan yang mempesona, contohnya saja seperti batu Jasper hijau dan cokelat yang sangat memukau.

Jenis-Jenis Serta Motif dari Batu Jasper

Membahas mengenai batu mulia Jasper memang tidak lengkap jika tidak membahas mengenai jenis-jenisnya. Batu mulia ini terdiri dari beberapa jenis, antara lain yaitu:
A. Jasper Pancawati
Batu Jasper yang satu ini memiliki karakteristik yang sangat unik dengan warna dominan hijau atau hijau kebiruan. Motif yang dimiliki ada yang berlapis, ada yang berbintik-bintik dan ada juga yang merupakan kombinasi keduanya. Ada juga batu mulia Jasper yang merupakan kombinasi dari 2 warna, contohnya yaitu batu Jasper putih kombinasi dengan warna kuning.
B. Jasper Pancawarna
Sama halnya dengan Batu Zamrud, Jenis batu mulia Jasper yang satu ini memiliki setidaknya 5 warna dalam satu keping batunya. Batu ini memiliki sifat opaque atau tidak tembus cahaya dan ada juga yang bersifat transculent atau dapat membiaskan cahaya. Untuk motif batu Jasper ini sangat bervariasi, motif-motifnya terlihat sangat indah dan sangat artistik. Untuk jenis batu mulia yang satu ini banyak ditemukan di daerah Garut, Sukabumi, Tasikmalaya, Cianjur dan Banten.
C. Jasper Kulitan atau Dawuk
Batu mulia Jasper ini merupakan batu berwarna, contohnya saja cokelat, kehitaman, abu-abu dan kebiruan, dengan motif masif ataupun berlapis yang tidak tembus cahaya. Batu Jasper coklat poles atau gosok cukup baik, banyak ditemukan yang memiliki corak yang indah dan juga artistik.
D. Jasper Kalsedoni
Jenis batu mulia Jasper yang satu ini terdiri dari 2 atau lebih warna yang membentuknya. Batu Jasper ini dapat membiaskan cahaya, oleh sebab itu disebut sebagai batu mulia Jasper Kalsedoni. Untuk jenis batu mulia yang satu ini lebih banyak ditemukan di pulau Sumatra, Jawa dan juga Kalimantan.
Selain yang sudah disebutkan, masih banyak lagi jenis-jenis dari Jasper. Terutama jenis-jenis yang lebih dikenal di pasaran, contohnya yaitu Jasper Watu Geni, Nogo Sui dan Helipotre. Selain itu ada juga batu mulia Jasper masif dengan warna hijau dan merah. Ada juga batu mulia Jasper Pancawarna Edong, Batu Garut Bungbulang dan Purbalingga (Klawing). Batu Jasper Klawing merupakan batu yang disebut-sebut sebagai batu darah kristus. Ada juga batu yang dikenal sebagai Jasper fosil dan juga Bloodstone.
Batu Jasper memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan batu mulia jenis lainnya. Karena ketersediaannya yang mencukupi, batu mulia ini dapat ditemukan di toko perhiasan lokal. Batu mulia yang satu ini merupakan batu pilihan favorit bagi para desainer perhiasan profesional. Hal tersebut dikarenakan jumlahnya yang cukup melimpah serta harganya yang cukup terjangkau. Tidak hanya itu saja, batu mulia ini juga memiliki bentuk, warna dan pola yang sangat bervariasi. Batu Jasper harga di pasaran cukup bervariasi, yaitu berkisar antara ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.
Batu Jasper Asli Batu Jasper Terbaik Batu Jasper Gambar Batu Jasper Batu Jasper
Jika Anda mencari batu mulia ini di pasaran, Anda akan menemukan harga yang berkisar antara 600 ribu rupiah hingga 5 juta rupiah. Untuk harga yang mahal biasanya adalah harga yang dipatok untuk batu mulia Jasper dengan warna yang langka, seperti batu mulia Jasper yang ditemukan di Tasikmalaya Selatan. Untuk perawatan sendiri, batu mulia ini dapat dirawat dengan langkah mudah. Perawatan dapat dilakukan dengan rajin mengolesinya dengan minyak baby oil. Tentunya agar batu mulia ini selalu terlihat mengkilap dan indah. Demikian yang dapat disampaikan mengenai batu Jasper, semoga bermanfaat.Sumber
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger