Home » » ISTILAH PERBATUAN

ISTILAH PERBATUAN

Saat kita melihat postingan batu mulia, pasti kita akan selalu menjumpai  istilah – istilah di dunia perbatuan yang beda dengan postingan bidang lainnya.  Bagi yang sudah menjadi  pemain / penghobi  batu mungkin istilah – istilah ini sudah tidak asing lagi. Tapi bagi pemula pasti akan bingung. Saya dulu juga awalnya bingung, tapi setelah belajar sana sini akhirnya bisa mengikuti. Nah, bagi yg masih awam, silakan baca postingan ini.

      1.   Ukuran batu


Atau biasa juga ditulis dengan Dimensi atau Measurement. Pada dunia perbatuan ukuran batu yang sering dipakai adalah mm (milimeter). Pengukuran biasanya memakai skatemate / caliper / jangka sorong. Ada yang memakai bilangan bulat dan ada juga yang memakai dua angka dibelakang koma.
CALIPER / JANGKA SORONG


      2.   Bentuk dan potongan batu



Ada beberapa  bentuk batu, diantaranya :

Dan  potongan batu, diantaranya :
  • Cabochon

Adalah bentuk potongan dengan permukaan bulat melingkar seperti helm.
CABOCHON
  •  Cutting / facet 

Adalah bentuk potongan batu dengan permukaan datar dan banyak sisi potong.
FACET
  
      3.   Warna

Warna dalam dunia perbatuan saya rasa tidak perlu diperjelas lagi karena sama saja dengan penyebutan warna pada  umumnya. Merah, biru, ungu, hijau, hitam dll. Yang perlu digaris bawahi adalah penyebutan LIGHT untuk warna muda/ terang (misal : light blue untuk biru muda, light green untuk hijau muda dll). Dan penyebutan DEEP untuk warna gelap (misal : deep blue untuk biru tua, deep purple untuk ungu tua dll). Khusus untuk warna blue sapphire bisa dilihat dalam gambar di bawah ini.
WARNA BLUE SAPPHIRE
      4.   Transparansi

Transparansi dalam perbatuan biasanya ada 4, yaitu :
  • Transparent ;

Untuk batu yang 100 % dapat ditembus cahaya.
TRANSPARENT

  • Semi  transparent / translucent 

Untuk batu yang  75 - 50 % tembus cahaya.

 
TRANSLUCENT
  • Semi Translucent

Untuk batu yang kurang dari 50 % tembus cahaya

SEMI TRANSLUCENT
  •  Opaque

Untuk batu yang tidak tembus senter.

 
OPAQUE
      5.   Origin

Origin adalah asal batu tersebut ditambang.  Pada dunia perbatuan yang biasa dipakai sebagai origin adalah nama NEGARA nya, bukan nama desa, kecamatan , kabupaten, provinsi, pulau asal batu. Ceylone bukanlah sebuah jenis batu tetapi adalah origin, dimana  Ceylone adalah nama yang dipakai oleh negara Inggris saat dulu menjajah negara Sri Lanka. Jadi Sapphire Ceylone itu sama dengan Sapphire Srilanka. Hal ini saya tulis karena masyarakat di sekitar tempat tinggal saya di Samarinda banyak yang beranggapan bahwa Sapphire Ceylone itu adalah batu safir yang asli. Kalo bukan Ceylone maka bukan Sapphire  asli hehe..

   
      6.   Ring

Ring atau emban atau amban terbuat dari berbagai jenis logam. Ada kuningan, perak, emas, stainless, titanium dan bahan logam kombinasi / campuran beberapa logam yang disebut alloy. Harga sebuah ring berbeda – beda, terutama berdasarkan bahan  logam pembentuknya. Model dan ketebalan ring juga dapat membedakan harga, seperti pada emas dan perak yang biasa dihitung gram. Untuk ukuran ring ada 2 macam, ada yang menganut sistem A yakni memakai ukuran 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21 dst. Ada juga yang memakai ukuran sistem B yakni memakai ukuran 6 , 7 , 8, 9 ,10. Pada dasarnya sama saja. Ukuran 6 A sama saja dgn 16 ukuran B, ring 7 sama dengan 17 asia dst.  Biasanya kalau membeli ring titanium ada nomer ring 6 – 10. Dan kalau beli ring perak biasanya pakai tulisan 15, 16, 17, 18, 19 dst.. pada dasarnya kedua ukuran tersebut sama saja. Tidak usah bingung hehe.

      7.   Keaslian Batu

 Berdasarkan keaslian batu, terbagi menjadi 3, yaitu batu natural, batu sintetis dan batu imitasi.
  • Batu natural

Adalah batu asli alam yang diproses menjadi batu mulia. Ada yang langsung di poles menjadi batu mulia ada juga yang melalui proses treatment terlebih dahulu. Contoh Natural Sapphire, torquise, agate, chalcedony, quartz dll.

BATU NATURAL

  • Batu Sintetis 

Adalah batu buatan manusia (man made) yang dibuat dari bahan batu asli yang diolah kembali dan dicetak menjadi bentuk batu baru dengan sifat – sifat dan kekerasan  yang masih sama dengan batu aslinya. Contoh : batu american star yang dibuat dari batu ruby / sapphire yang diolah kembali dan tetap memiliki kekerasan 9 skala mohs, batu king sapphire yang dibuat dari bahan blue sapphire dll
BATU SINTETIS

  • Batu Imitasi

Adalah batu buatan manusia yang dibuat menyerupai aslinya tetapi bahan pembuatnya bukan dari batu aslinya melainkan dari pelastik atau kaca. Batu ini bisa menyerupai aslinya dan bahkan bisa lebih bagus dari aslinya, tetapi sama sekali tidak memiliki sifat yang sama dengan mineral batu aslinya. Batu imitasi inilah yang sering dipalsukan dan dipakai untuk menipu konsumen oleh sedikit penjual nakal batu mulia. Dan meskipun sama – sama buatan manusia, tetapi batu sintetis masih lebih berharga daripada batu imitasi.
BATU IMITASI

Demikianlah beberapa istilah dalam dunia perbatuan yang sering digunakan. Semoga bisa membantu para pemula di dalam dunia perbatuan. Yang perlu dipegang hanyalah satu, yaitu kualitas batu mulia lah yang menentukan harga. Semakin bagus sebuah batu maka harganya akan semakin mahal. Hal ini juga perlu digaris bawahi karena banyak sekali penipuan yang terjadi di dalam dunia perbatuan dikarenakan oleh keinginan konsumen untuk memiliki batu kualitas super dengan harga murah.
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger