Home » » Cara Menghilangkan Kapur Semua Jenis Batu Cincin

Cara Menghilangkan Kapur Semua Jenis Batu Cincin

Kapur yang terdapat pada batu tentu membuat tampilannya kurang menarik . Hal ini sering terjadi pada jenis batu bacan palamea , doko , obi , yang saat ini memiliki peminat yang cukup banyak di Indonesia . Proses perawatan dan teknik menghilangkan kapur pada batu akik kini informasinya mulai banyak beredar di kalangan penggemar batu akik . Mulai dari merendam dengan cairan isotonik , air hujan , dan lain-lain . Namun banyak yang belum berhasil melakukannya . Zat kapur pada batu akik sebenarnya akan menghilang sendiri saat anda pakai . Namun , untuk menunggu hal tersebut , tentu anda membutuhkan waktu yang lebih lama .

Zat kapur atau kalsium sebenarnya berfungsi untuk menghalangi pengeroposan yang terjadi pada struktur batu . Namun , batu yang hendak dijadikan perhiasan akan terlihat kurang menawan bila masih ada sisa-sisa zat kapur di dalamnya . Cara-cara ekstrim saat ini mulai beredar , tetapi kami sangat khawatir jika cara-cara tersebut dapat merusak batu cincin anda . Salah satu cara paling ekstrim yang pernah kami dengar adalah memasukkan batu akik kedalam rise cooker . Suhu yang terdapat pada rise cooker memang memiliki suhu yang hangat , namun tetap saja zat kapur pada batu tidak akan hilang .



Lantas , bagaimana cara menghilangkan zat kapur yang terdapat pada batu akik ? . Berdasarkan informasi yang kami terima melalui situs pembelajar kimia , Alkohol ternyata dapat membantu proses untuk menghilangkan zat kapur pada batu .  Untuk melakukan uji coba , lakukan pengetesan pada jenis batu yang mengandung kapur sisa dari gosokkan milik anda , untuk mengurangi resiko batu menjadi rusak .



Perlu anda ketahui , bahwa setiap batu akik atau agate memiliki karakteristik dan kandungan yang berbeda-beda . Sehingga , untuk treatment atau perawatan dari batu juga berbeda-beda sesuai dengan kandungan yang ada pada batu . Jika anda mempelajari lebih dalam lagi tentang kandungan mineral yang terdapat pada batu , tentu anda tidak akan bersabar untuk bisa menemukan cara menghilangkan zat kapur pada batu akik kesayangan anda .

Cara Menghilangkan Kapur Semua Jenis Batu Cincin

Untuk menghilangkan zat kapur , anda harus menggunakan cairan alkohol yang dapat anda beli di toko-toko penjual alkohol di daerah atau kota anda . Cara ini disebutkan terbukti ampuh untuk menghilangkan zat kapur pada batu . Untuk tahap menghilangkan kapurnya , adapun bahan-bahan yang harus anda sediakan adalah sebagai berikut :

  1. Alkohol - Untuk mendapatkannya , anda bisa membelinya di apotik atau tempat-tempat yang menjual barang tersebut .
  2. Wadah tempat untuk rendaman ( Cangkir / Mangkuk / Toples )
Yang harus anda lakukan adalah melakukan perendaman terhadap batu akik milik anda . Rendam batu kurang lebih selama 5 jam . Jika belum menunjukkan hasil , lakukan perendaman kembali selama 2 jam .

Yang harus anda pastikan adalah apakah batu anda benar-benar memiliki kapur . Jangan memaksa perendaman bila batu anda memang tidak memiliki zat kapur . Terkadang , motif dan warna sebauh batu akik cenderung seperti kapur .

Demikian cara menghilangkan kapur pada batu cincin . Cara yang beredar di pasaran ternyata tidak semuanya ampuh untuk menghilangkan kapur pada batu cincin milik anda . Cobalah untuk menggunakan alkohol sebagai pengganti cairan lain . Setelah anda menghilangkan zat kapur pada batu cincin , kini tahap berikutnya adalah mengkilapkannya .
Sumber
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger