Home » » Cara Mengetahui Batu Giok Masakan atau Pabrikasi

Cara Mengetahui Batu Giok Masakan atau Pabrikasi



Batu giok adalah permata hijau yang memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi di indonesia . Jenis batu giok tentunya beranekaragam . Ada yang berasal dari china , myanmar , dan beberapa negara di asia tenggara lainnya termasuk di indonesia . Daerah penghasil batu giok di indonesia ada dua yang sudah terkenal , antara lain adalah Aceh dan Sulawesi .

Ciri-ciri batu giok asli yang berasal dari Tiongkok mempunyai kandungan Fluorite . Kandungan inilah yang sebenarnya menyebabkan batu terlihat bercahaya didalam ruangan gelap . Berbeda dengan jenis batu giok yang berasal dari Indonesia , khususnya Aceh .

Dengan semakin meningkatnya permintaan batu giok di pasaran , membuat banyak pengusaha menciptakan jenis batu giok masakkan . Batu giok pabrikasi biasanya akan sangat mudah dikenali hanya dengan melihat serat-serat yang ada didalam batu tersebut .

Jenis batu giok pabrikasi sering kali diijadikan sebagai mata kalung atau liontin . Dan juga sering dijadikan sebagai gelang . Anda dapat mengetahui karakteristiknya , hanya dengan melihat ukiran yang ada pada batu tersebut .


Membedakan Batu Giok Masakan Dengan Yang Asli

CARA PERTAMA - Salah satu cara dasar mengetahui apakah batu anda adalah batu giok yang asli atau masakan adalah dengan cara menggesekkannya ke lantai atau benda-benda yang sedikit memiliki permukaan yang kasar . Gok memiliki kandungan mineral seperti Quartz , yang mampu membuat permukaan batu menjadi anti gores . Jika anda melihat ada goresan , maka batu giok anda adalah palsu .

Cara Mengetahu Batu Giok Masakan atau Pabrikasi
Persebaran negara penghasil batu giok di dunia
sumber : www.wikihow.com/Tell-if-Jade-Is-Real
CARA KEDUA - Anda dapat mengamati serat yang ada didalam batu . Umumnya , batu giok memiliki serat seperti lumut , jernih , dan ada juga beberapa giok yang belum memiliki kekristalan . Jenis batu giok masakan dapat anda lihat dari serat yang terlihat seperti jaring laba-laba . Jaring-jaring tersebut merupakan bentuk reaksi dari pencampuran berbagai mineral dalam proses peleburan .
Sumber

Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger