Home » » Proses Pembuatan Batu Akik Secara Lengkap

Proses Pembuatan Batu Akik Secara Lengkap

Batu akik yang indah ternyata melewati serangkaian proses pembuatan yang tidak sebentar . Mulai dari batu mentah atau bongkahan hingga tahap penyelesaiaan , harus dikerjakan secara teliti agar mendapatkan hasil yang maksimal . Beberapa pengerajin batu akik di Indonesia masih menggunakan teknik dan cara tradisional yang sudah dilakukan berpuluh-puluh tahun . Pada umumnya , para pengerajin di Indonesia masih menggunakan dinamo yang dimodif menjadi mesin batu asah .

Adapun beberapa serangkaian prosesnya , nanti akan kami jelaskan kepada anda . Sebelum itu , kita harus menyempurnakan peralatan-peralan yang harus anda penuhi untuk membuat batu akik . Berikut beberapa peralatan yang mendukung proses pembuatan batu akik ,



  • Dinamo - Anda dapat menggunakan dinamo ukuran 250 Watt - 750 Watt . Silahkan anda pilih sendiri dinamo seperti apa yang cocok untuk keperluan anda . Setelah anda mendapatkan dinamo tersebut , anda dapat merakitnya untuk bisa memaksimalkan dua sisi as dinamo untuk dilekatkan batu asah . Sehingga satu dinamo bisa digunakan untuk 2 buah batu asah . Ukuran As jangan terlalu panjang , agar tidak terjadi getaran kuat saat mesin dihidupkan . Sesuaikan dengan keperluan anda
  • Batu Asah - Batu asah yang bisa anda pakai umumnya berukuran 6 sampai 8 inchi . Pilih Batu Asah merek Norton , karena kualitasnya lebih baik daripada batu asah lainnya . Untuk melengkapinya , anda bisa juga menyediakan batu asah pisau , sebagai pelengkap jika sewaktu-waktu diperlukan .
  • Gerinda Tangan - Biasanya alat ini digunakan untuk memotong keramik . Untuk harganya tidak terlalu mahal . Anda dapat membelinya untuk keperluan pembuatan batu akik . Alat ini bermanfaat nantinya untuk memotong dan membelah batu bongkahan yang akan dijadikan .
  • Meja - Untuk hal ini sesuaikan dengan keperluan anda
  • Kertas Pasir/Amplas - Persiapkan kertas pasir ukuran 1000 , 1200 , dan 1500 .
  • Serbuk Intan/Kertas Intan/Kulit - Perlengkapan yang terakhir untuk tahap finishing , anda bisa mempersiapkan benda-benda tersebut untuk proses pengkilapan .
Setelah bahan-bahan diatas sudah dipersiapkan . Anda bisa memulai untuk merakit dinamo dan melekatkan batu asah . Jika hal tersebut sudah dipersiapkan , maka kini anda sudah bisa melakukan proses pembuatan batu akik . Beberapa teknik pembuatan batu akik sebenarnya didapatkan secara otodidak , namun kami akan memberikan serangkaian tahapan-tahapan yang dilakukan pengerajin dalam proses pembuatan batu akik .

Proses Pembuatan Batu Akik

Untuk membuat batu akik , anda harus sudah memiliki bahan atau bongkahan batu yang akan dijadikan . Silahkan anda memilih sisi mana yang baik untuk dijadikan dan sisi mana yang seharusnya dibuang . Berikut tahapan proses pembuatan batu akik ,
  1. Potong bongkahan batu akik menjadi kotak-kotak kecil . Sesuaikan ukurannya . Hal ini diperlukan agar dapat menghemat batu asah milik anda . Jika anda ingin membuat batu akik berukuran kecil , maka buatlah potongan kotak-kotak kecil . Membentuk potongan batu bongkahan menjadi kotak dapat mempermudah anda membentuk model batu akik . Jangan lupa untuk menyiram air secara terus menerus saat proses pemotongan untuk menghindari batu akik menjadi retak .
  2. Lakukan teknik pengasahan . Hidupkan dinamo dan bentuk lah ukuran batu akik terlebih dahulu . Tahapan pertama ini , anda harus menyesuaikan batu akik dengan panjang dan lebar dari ikatan batu cincin . Jika anda masih pemula , anda dapat membuat coretan dan menggarisi batu akik untuk mengetahui ukurannya . Bentuk umum batu akik adalah bulat , oval , dan lonjong . Tetapi anda dapat menyesuaikannya . Pada tahap ini anda hanya membentuk pola dari batu akik dan belum mengasah bagian atasnya . Sebagai tambahan , anda dapat menggunakan selang infus untuk tetap memberikan air terhadap batu asah dan batu akik anda .
  3. Setelah pola batu akik didapatkan , kini asahlah bagian atasnya . Anda dapat mengasah sisinya terlebih dahulu untuk membentuk sebuah bulatan . Pada tahap ini kami sangat sulit menjelaskannya kepada anda . Karena pada umumnya , kreatifitas anda lah yang bermain .
  4. Setelah batu diasah dan sudah menunjukkan bentuk , maka timbang dan perhatikan baik-baik lapisan mana yang miring dan perlu anda asah kembali .
  5. Jika sudah , maka tahapan berikutnya adalah menggosok batu akik dengan kertas pasir . Pada tahap ini , anda dapat memperhatikan secara seksama bagian lapisan batu yang mengalami bendolan karena tidak rata dalam proses penggosokkannya . Kertas pasir sangat bermanfaat untuk itu . Ukuran kertas pasir 1000 bisa anda gunakan dalam tahapan pertama penggosokkan .
  6. Setelah itu , anda dapat meningkatkan ukuran kertas pasir ke ukuran 1200 . Pada ukuran 1200 , lapisan batu akan terlihat halus namun belum mengkilap . Anda dapat menggunakan sendal bekas sebagai alasnya , untuk mempermudah proses penghalusan .
  7. Setelah proses penghalusan pada struktur lapisan batu telah anda jalankan , kini saatnya anda memasuki pada proses penyelesaiaannya , yaitu tahapan finishing .
  8. Gunakan kain jeans untuk membantu pengkilapan batu akik . Tabur serbuk intan atau bubuk cat , pada kain tersebut jika anda tidak memiliki kulit . Setelah serbuk sudah ditabur , anda dapat menggunakan minyak jaitun atau minyak makan sebagai pembantunya .
  9. Kini batu akik anda telah jadi . Proses ini dapat berubah-ubah sesuai keadaan dan situasi anda . Kebanyakan masalah terjadi pada proses pembentukan pola . Jika tidak teliti , maka batu akik anda akan hancur . Selain itu , ada beberapa jenis batu akik yang sulit sekali menjadi mengkilap . Disini anda membutuhkan kesabaran yang tinggi untuk menggosok batu akik menjadi mengkilap .
Sumber
Demikian proses pembuatan batu akik . Anda tidak harus melakukan tahapan-tahapan yang kami sebutkan , namun umumnya para pengerajin melakukan tahapan ini untuk membuat batu akik . 
Proses Pembuatan Batu Akik
Proses Pembuatan Batu Akik

Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger