Home » » Cara Membedakan Batu Giok Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Batu Giok Asli Dan Palsu

Batu giok adalah jenis batu permata yang berwarna hijau dan terdiri dari beberapa unsur mineral penyusunnya . Batu giok yang paling populer berasal dari Tiongkok atau China ( Cina ) , Tibet , dan Birma . Karena batu giok sudah lama dipakai oleh para kaisar dan masyarakat China kala itu . Batu giok sering dijadikan perhiasan , meja , liontin , tempat tidur , mahkota dan lain-lain .

Di Indonesia ternyata terdapat beberapa daerah penghasil batu giok yang memiliki kandungan yang hampir sama dengan Giok yang berasal dari Tiongkok . Namun , belum adanya pengakuan resmi dari pemerintah , membuat batu giok yang berasal dari Indonesia kurang begitu populer di mata dunia . Hal ini sangat perlu dilakukan , guna menunjang ekonomi dan memperkenalkan kepada dunia bahwa indonesia juga memiliki batu giok .
 Untuk membedakan jenis batu giok Tiongkok dengan jenis batu giok yang berasal dari Indonesia , ada salah satu perbedaan yang bisa anda lihat secara langsung tanpa memerlukan perlatan khusus untuk mengetes batu giok asli dan palsu . Mineral yang terkandung pada batu giok Tingkok memiliki unsur Fluorite . Unsur Fluorite tidak dimiliki oleh batu giok indonesia , sehingga dengan mudahnya kita dapat membedakan batu giok yang asli dari tiongkok atau cina dan batu giok yang berasal dari Indonesia .


Cara Membedakan Batu Giok Asli Dan Palsu


Hal yang harus anda lakukan adalah membedakannya didalam ruangan yang gelap . Batu giok tiongkok akan mengeluarkan cahaya . Hal ini karena adanya kandungan Fluorite pada unsur batu tersebut . Berbeda dengan batu giok yang berasal dari Indonesia , yang tidak memiliki kandungan tersebut .

Batu giok yang berasal dari Tiongkok memang dikenal memiliki kualitas unggulan , sehingga harga dari batu tersebut bisa dibilang sangat mahal . Untuk ukuran batu giok tiongkok , harga jualnya bisa mencapai jutaan rupiah untuk ukuran batu cincin size medium . Pasaran batu giok yang tidak pernah jatuh , membuat banyak penggemar batu yang mengoleksi batu giok untuk investasi . Salah satu batu giok termahal pernah tercatat oleh kami . Batu giok asal Tiongkok tersebut memiliki berat lebih kurang 6 Ton lebih .
Sumber
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger