Bagaimana cara mengecek garansi
Samsung? Samsung merupakan produk elektronik yang sudah memiliki nama
besar dan juga pasar yang besar. Samsung pada awalnya lebih dikenal
dengan berbagai produk elektronik yang mencakup kebutuhan rumah tangga
seperti kulkas, mesin cuci dan air conditioner, lalu ada juga produk
kamera, perangkat komputer dan sekarang juga terkenal dengan produk
ponsel pintarnya yang selalu menjadi kandidat terbesar Apple. Indonesia
merupakan salah satu negara dengan minat yang sangat tinggi untuk
berbagai produk Samsung. Jika Anda membeli berbagai produk Samsung,
pastinya akan dilengkapi dengan buku manual serta kartu garansi. Dua hal
tersebut kebanyakan akan diabaikan karena mungkin Anda sudah yakin
dengan keadaan fisik dari barang tersebut. Padahal, garansi merupakan
salah satu hal yang sangat berguna karena akan Anda gunakan ketika
barang yang dibeli ternyata memiliki cacat fisik bawaan pabrik. Cacat
fisik bawaan pabrik sering tidak terlihat ketika barang itu dalam
keadaan belum dipakai, dan akan terlihat beberapa hari ataupun beberapa
bulan setelah penggunaaan.
Kesadaran masyarakat Indonesia
khususnya tentang pentingnya sebuah garansi di produk elektronik memang
sangatlah kurang. Kartu garansi akan dibiarkan saja berada di dus
ataupun lupa diletakkan di mana. Konsumen akan merasa membutuhkan ketika
terjadi kerusakan dari produk tersebut dan perlu di service. Service
sebuah barang pastinya harus dibayar dengan beberapa lembar rupiah,
namun jika masih ada garansi Anda tidak akan dikenai biaya jika
kerusakan tersebut bukan karena faktor kesalahan Anda. Garansi yang
diberikan oleh produsen elektronik sangatlah beragam dan minimal garansi
selama satu tahun dan ada juga yang lebih dari itu. Untuk produk
Samsung, memiliki garansi yang beragam seperti produk elektronik rumah
tangga yang memiliki garansi selama tiga tahun dan untuk ponsel pintar
biasanya selama satu tahun.
Bagaimana Cara Mengecek Garansi Samsung?
Kebiasaan
tidak memperhatikan sebuah garansi produk yang Anda beli, pastinya akan
membuat Anda lupa kapan garansi itu habis atau barang itu masih dalam
masa garansi atau tidak. Ada beberapa cara untuk mengecek garansi Samsung Anda masih berlaku atau tidak.
- Cara yang pertama yakni melihat kartu garansi yang disediakan dalam satu paket pembelian produk barunya. Amati kartu garansi tersebut dan lihatlah berapa lama garansi yang diberikan oleh Samsung. Jika sudah mengetahui lama garansinya, coba perhatikan tanggal Anda membeli produk tersebut. Garansi dihitung sejak Anda membeli produk tersebut.
- Jika masih kurang yakin, Anda bisa membawa produk Samsung ke Samsung Service Center yang ada di kota Anda. Tunjukkan kepada petugas jenis kerusakan apa yang terjadi di produk Samsung. Petugas akan mengecek nomor seri produk dan akan memberitahukan Anda produk Samsung masih dalam masa garansi atau tidak. Jika masih dalam masa garansi Anda bisa tidak dikenakan biaya perbaikan namun jika sudah keluar dari masa garansi, Anda akan dibebani biaya service yang besarnya tergantung kerusakan yang diderita produk Samsung tersebut.