Bagaimana cara mengecek garansi iPad? Garansi merupakan sebuah jaminan
produsen bahwa sebuah produk yang Anda beli asli dan jikka terjadi
kerusakan dalam kurun waktu garansi satu atau dua tahun, Anda dapat
mengklaim garansi itu. Garansi sangat diperlukan ketika Anda menemukan
kerusakan pada unit iPad yang Anda miliki tanpa ada penyebab yang jelas.
Dengan mengklaim garansi, Anda akan mengetahui penyebabnya dan jika
benar karena cacat produksi maka Anda tidak dikenai biaya dalam
penggantian komponennya atau bahkan diganti dengan unit iPad yang baru.
Garansi juga berguna untuk mengecek unit iPad itu asli atau replika jika
Anda membelinya dalam keadaaan setengah pakai. Sekarang banyak sekali
produk replika yang sangat mirip dengan produk iPad asli yang bisa
menupi mata Anda. Namun dengan mengecek garansi melalui serial number
dari iPad, penipuan itu akan terungkap. Dengan mengecek garansinya,
otomatis Anda akan mengetahui apakah iPad itu asli dan bergaransi resmi
atau tidak.
Cara Mengecek Garansi iPad
Sebelum mengecek garansi iPad ada beberapa hal, yang perlu Anda
perhatikan. Coba ambil dus iPad dan perhatikan serial number dan juga
IMEI yang tertulis di belakang dus iPad dengan yang ada di bodi iPad.
Serial number iPad biasanya juga berada di belakang bodi iPad itu
sendiri. Perhatikan apakah sama serial number di dus dan juga iPad. Jika
sama, maka silahkan meneruskan ke step kedua yakni mengecek garansinya.
Cara cek garansi iPad tidak harus pergi ke Apple Care. Anda cukup
mengeceknya melalui website resmi Apple di www.apple.com.
Setelah membuka website tersebut, arahkan kursor ke menu support
kemudian klik. Setelah menu support terbuka, silahkan pilih menu self
service lalu carilah kolom Check Your Service and Support Coverage. Klik
kemudian Anda akan diperintahkan serial number iPad Anda. Masukkan
serial number iPad dan setelah diklik maka akan muncul keterangan apakah
iPad Anda masih dalam masa garansi atau tidak.
Setelah melakukan cek garansi iPad dan masih dalam masa garansi, Anda
bisa memastikan bahwa unit iPad asli dan jika cocok bisa Anda beli. Anda
bisa mengklaim garansi tersebut jika terjadi masalah pada unit iPad
Anda. Untuk mengklaim iPad, cukuplah mudah. Jika Indonesia sudah resmi
menjual unit iPad ke pasaran, maka klaim bisa dilakukan di Apple Care di
Indonesia meskipun iPad Anda dibeli di negara lain seperti Singapura
ataupun negara lain. Namun jika negara yang Anda tempati belum menjual
iPad secara resmi, untuk mengklaim garansi Anda harus pergi ke Apple
Care di negara Anda membeli iPad tersebut. Jangan lupa membawa invoice
bukti pembelian ke Apple Care untuk bisa mengklaim garansi tersebut.
Dengan mengetahui cara cek garansi iPad, Anda tidak perlu jauh-jauh
pergi ke Apple Care untuk menanyakannya, cukup menggunakan laptop dan
koneksi internet Anda sudah mengetahuinya.