Home » » Cara cek tiket kereta api via KAI Acces

Cara cek tiket kereta api via KAI Acces

Kini, demi semakin mempermudah masyarakat pesan tiket kereta api, PT KAI meluncurkan aplikasi pemesanan tiket kereta secara online, namanya KAI Access.
Kabar ini menjadi sebuah kabar gembira, mirip sebuah iklan kulit buah manggis, bagi kita semua, terlebih bagi yang sering menggunakan kereta api. Transportasi massal yang menjadi pujaan semua kalangan masyarakat ini tak henti-hentinya berbenah diri.
Kalau traveling ke daerah Jawa, saya paling senang menggunakan kereta api. Selain karena harganya yang murah untuk kereta api kelas ekonomi, rutenya pun sangat banyak. Dulu jaman harga tiket kereta api 55.000 saya sering memanfaatkan liburan ke kota-kota di jawa,
Dulu biasanya saya mengakses situs resmi PT. Kereta Api Indonesia atau datang ke stasiun untuk beli tiket kereta api.
Sekarang, dengan kecanggihan smartphone, kita bisa memesan tiket kereta api secara online. Ketika sedang bersantai bareng keluarga di rumah, saat di kantor atau dimanapun dan kapan pun tanpa perlu repot-repot mendatangi stasiun seperti yang dulu-dulu.
Aplikasi KAI Access
Begitu membaca berita dari Detik.com, september 2014 silam, tepat sehari setelah aplikasi KAI Access ini diluncurkan saya spontan langsung mengakses Apps Store tentang keberadaan aplikasi ini dan segera melakukan instalasi. Saya yakin betul aplikasi KAI Access ini bakal bermanfaat banget buat kedepannya.
Update tampilan (makin) sederhana namun elegan, ga ribet dan langsung tersaji begitu membuka aplikasi ini. Ekspektasi saya memang cukup tinggi bahwa aplikasi ini bakal membawa manfaat banget kedepannya, sejak kemunculannya hingga sekarang.
Berikut panduan singkat cara registrasi KAI Access:
cara registrasi aplikasi kai access
Cara registrasi aplikasi KAI Access
  1. Begitu muncul tampilan halaman depan, klik More. Kemudian klik Account.
  2. Pada halaman login, klik Register Kemudian masukkan No. HpPassword (kombinasi huruf dan angka), serta lengkapi biodata kamu.
  3. Selanjutnya verifikasi akun kamu dengan memasukkan Kode Aktivasi yang dikirimkan ke nomor handphone kamu.
  4. Voilaa… instalasi selesai. Kamu sudah bisa langsung menggunakan untuk pesan tiket kereta online.
Tampilan terbaru aplikasi KAI Access (saat artikel ini saya update – Maret 2018) semakin minimalis saja, sederhana namun tetap elegan. Tak ada lagi kotak-kotak panel seperti Profile, Booking Ticket, Booking Check, Map, News, Schedule, History, dan About. Tak ada lagi menu-menu ‘rangkap’ (memiliki fungsi sama). Meski begitu, KAI tetap mengedepankan 8 (delapan) menu utama yang terletak dibagian bawah. Diantaranya:
  1. TRAIN : langsung mengarah ke panel Booking Ticket
    Kalau dulu ada banyak keluhan (dari pengalaman saya sendiri dan komentar pembaca), untuk melihat jadwal kereta api ‘dikunci’ dan harus login terlebih dahulu. Namun, sekarang calon penumpang bisa lebih bebas melihat jadwal kereta yang ada.
  2. E-MODA : Fitur ini masih belum berfungsi (coming soon)
  3. PORTER : Fitur ini masih belum berfungsi (coming soon)
  4. MEALS : Untuk memesan makan secara online. Mirip AirAsia gitu.
  5. MY TRIPS : Folder untuk Bookingan yang sudah komplit.
  6. DEALS : Berbagai deals/diskon hasil kerjasama dengan pihak ketiga. Fitur ini keren banget.
  7. MORE : Disini dikumpulkan berbagai menu lainnya seperti, Account, Check Book/PayCode, Location, Remind Me, E-Magazine, fitur Chat with Loko, Help, About dan halaman kontak.
  8. HOME : Untuk kembali ke awal (halaman depan)

Cara Beli Tiket Kereta Api Online Dengan KAI Access

KAI Access cara memesan tiket kereta api online
Cara memesan tiket kereta api online dengan aplikasi KAI Access
  1. Klik menu TRAIN yang terdapat di halaman depan. Kamu akan dibawa ke panel pencarian. Silahkan isi Stasiun Asal, Stasiun Tujuan, Tanggal Berangkat, Kelas, dan Jumlah Penumpang. Misalnya kamu mau beli tiket kereta api tujuan Kota Semarang atau Yogyakarta. Harga untuk anak diatas 3 tahun berlaku harga tiket orang dewasa. Sementara tiket untuk bayi tidak mendapatkan kursi. Kemudian klik, SEARCH TICKET.
  1. Dilayar berikutnya (DEPARTURE), silahkan pilih kereta dan jadwal yang tersedia. Jadwal kereta sudah cukup detail, lengkap dengan jam keberangkatan, waktu tiba, kelas, sub-kelas, harga tiket dan jumlah tiket yang masih tersedia. Sekarang, kursi kereta yang sudah habis dipisahkan dibagian bawah. Jadi hanya akan muncul kursi yang masih tersedia. Kemudian klik pada salah satu JADWAL.
  1. Halaman berikutnya akan muncul ORDER CONFIRMATION atau detail informasi jadwal kereta yang kita pilih. Cek ulang lagi jadwal sudah sesuai dengan pilihan. Kemudian CENTANG tanda setuju dan mematuhi segala persyaratan dan ketentuan reservasi. Lalu, NEXT.
  1. Kemudian, akan keluar konfirmasi pemesanan kamu dan data pemesan.KAI akses cara pesan tiket kereta online
  1. Isi data penumpang sesuai dengan identitas yang berlaku, dan jangan lupa membawanya untuk ditunjukkan saat akan masuk feron.
  1. PILIH KURSI. Dibagian ini, kita bisa mengganti kursi default (dipilih sistem) sesuai dengan pilihan kita jika persediaan masih ada. Tanda merah menandakan kursi sudah terisi, sedangkan warna biru adalah kursi kamu saat ini.Untuk mengubah, klik dulu warna biru di bangku kamu hingga berubah menjadi warna putih tanda bangku kosong.Klik bangku yang diinginkan. Kemudian simpan dan next.
  1. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Tersedia Klikpay BCA, kartu kredit Visa/Master/JCB maupun pembayaran via ATM atau Payment Point.KAI menerapkan biaya yang berbeda-beda untuk setiap metode pembayaran. Klikpay BCA dan ATM/Payment Point biayanya Rp 7500,- (sebenarnya gratis karena sudah termasuk di harga tiket), sementara jika menggunakan kartu kredit biayanya Rp 22.000,-.Saran saya, lebih baik memilih metode pembayaran via ATM atau minimarket (alfamidi, alfamart, indomaret, lawson) saja.Kenapa?Saya sudah mencoba payment dengan Klikpay BCA dan Kartu Kredit (beberapa kali), hasilnya pemesanan selalu gagal. Namun lucunya, nomor kode booking dan kode pembayaran tetap keluar.
  1. Setelah memilih metode pembayaran, berikutnya akan muncul dilayar smartphone kamu “Selamat Pemesanan Berhasil”. Finish dan bookingan pun sudah jadi.Kita juga bisa melihat bookingan di menu history.
    KAI Access booking history
    KAI Access booking history
 Sistem Check-in dan Boarding
Jika bookingan tiket kereta sudah dibayar, kamu bisa langsung menukarkan tiket fisik melalui mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) yang berada di stasiun-stasiun besar seperti Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Jakarta Kota dan didaerah lainnya, hingga 1 jam sebelum keberangkatan.
Sementara di Stasiun Gambir, pelayanan proses Cetak Tiket Mandiri sekarang ini sudah diubah menjadi cetak boarding pass melalui mesin Check-in Mandiri (CIM) dimulai 12 jam sebelum jadwal sebelum keberangkatan kereta api. Boarding pass ini berlaku sebagai tiket.
Semoge bermanfaat.
Sumber : virustraveling.com
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger