Home » » Cara Membedakan Batu Bulu Macan dan Batu Bulu Monyet

Cara Membedakan Batu Bulu Macan dan Batu Bulu Monyet

Cara Membedakan Batu Bulu Macan dan Batu Bulu Monyet
Salah satu batu asli dari daerah Lumajang dan Jember Jawa Timur yang keberadaannya sudah langka dan sangat unik adalah batu bulu macan. Salah satu keunikan yang paling menonjol adalah corak atau motif pada batu yang menyerupai corak bulu macan.
Karena kelangkaannya maka tak heran jika harga batu ini semakin melambung tinggi. Para kolektor dan penggemar batu mulia banyak yang memburu batu ini apalagi untuk ukuran batu mulia yang besar dengan corak bulu macan yang panjang. Batu mulia bulu macan ini semakin terkenal ketika mantan presiden SBY pernah mengenakannya.
Batu mulia bulu macan ini hampir mirip dengan coraknya batu bulu monyet. Untuk membedakan antara batu bulu macan dengan batu bulu monyet ialah, untuk batu warna hitam dengan kilatan emas keabuan merupakan batu mulia bulu macan, sedangkan untuk yang berwarna hijau dengan kilatan putih merupakan batu mulia bulu monyet. Terkadang para penggemar batu mulia menyamakan keduanya sebagai jenis batu akik yang sama.
Perbedaan lainnya antara batu bulu macan dengan batu bulu monyet adalah tingkat kekerasannya, batu bulu macan memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi di bandingkan dengan batu bulu monyet. Dan keduanya juga memiliki struktur bahan serta inklusi yang berbeda. Dan jenis batu bulu macan adalah Basaltic glass yang akhirnya di beri nama popular dengan sebutan Natural Tiger’s glass. 
Demikian ulasan singkat tentang perbedaan batu bulu macan dengan batu bulu monyet, semoga ulasan ini bisa sedikit memberikan informasi dan manfaat bagi kita semua.Sumber
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger