Home » » Melihat Batu Solar Solok Selatan dan Harganya

Melihat Batu Solar Solok Selatan dan Harganya

Sumbar termasuk salah satu provinsi yang menghasilkan jenis varian batu mulia yang sangat banyak . Salah satunya adalah jenis batu solar solok selatan . Kabupaten Solok Selatan adalah kabupaten yang terletak di bagian timur Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini resmi dimekarkan dari Kabupaten Solok pada tahun 2004 . Jenis batu solar solok selatan juga sering disebut sebagai kecubung teh .

Jenis batu ini solar solok selatan sangat berbeda dengan yang berasal dari Aceh . Perbedaan yang sangat jelas bisa anda lihat pada serat yang terdapat pada struktur batunya . Biasanya akan terlihat seperti sebuah serat alami seperti lapisan-lapisan kristal berwarna putih . Dan hal ini lah yang menjadi nilai keunikan tersendiri pada batu tersebut .

Batu ini sendiri sudah mulai banyak dipasarkan di daerah sekitaran Solok Selatan . Bahkan saat ini jenis batu ini sudah banyak didapat di daerah Pekanbaru , Sumatera Utara , Jambi , dan beberapa wilayah yang ada disekitarannya . Pada saat ini , jenis batu solar solok selatan memiliki harga jual yang sangat rendah . Jika anda membeli batu tersebut dalam wujud bongkahaan pecahan-pecahan kecil , maka harganya hanya sekitar 20 - 30 rb/pcs .


Melihat Batu Solar Solok Selatan dan Harganya
Gambar Bongkahan atau Bahan Pecahan Kecil
Batu Solar Solok Selatan

Untuk harga dalam bentuk ikatan , biasanya ditentukan oleh masing-masing penjual batu yang ada di daerah tersebut . Perlu diketahui bahwa beda daerah maka berbeda pula harga batu tersebut . Semakin dekat dengan daerah asal batu , maka akan semakin rendah harganya . Tetapi jika daerah tersebut memiliki jarak yang jauh dari daerah asal batu , maka harganya bisa lebih tinggi lagi .

Untuk di daerah Sumatera Utara , jenis batu ini dijual dengan harga 150 ribu - 200 ribu dalam bentuk ikatan cincin titanium size medium . Jenis batu ini lebih dikenal dengan istilah kecubung teh , dikarenakan warnanya yang hampir menyerupai teh . Tetapi para gemslover lebih menyukai menyebutnya dengans sebutan batu solar , dikarenakan warnanya yang sangat mirip dengan solar . Jenis batu solar dari Solok Selatan .

Melihat Batu Solar Solok Selatan dan Harganya
Gambar Batu Solar Solok Selatan
Batu solar solok selatan sudah bisa disebut sebagai permata batu mulia yaang memiliki tingkat kekerasan 6-7 Skala Mohs . Batu ini memiliki keindahan yang hampir sama dengan jenis batu mulia pada umumnya . Belum adanya dukungan dari pemerintaham setempat , untuk mempromosikan jenis batu ini kepada masyarakat indonesia , membuat harganya menjadi sangar murah di pasaran .
Sumber

Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger