Home » » Cara Mengasah Batu Akik Yang Benar

Cara Mengasah Batu Akik Yang Benar

Mengasah batu akik adalah proses yang dilakukan sebelum batu akik dipakai menjadi cincin , liontin , kalung , dan lain-lain . Teknik mengasah batu akik tentunya berbeda-beda disetiap daerah . Pada saat ini , para pengerajin batu akik masih banyak menggunakan teknik manual dan tradisional tanpa menggunakan mesin pengasah batu akik . Jika anda ingin lebih tahu tentang teknik mengasah batu akik yang benar , maka anda harus membaca artikel ini tanpa ada yang terlewat sedikitpun .

Pada umumnya saat ini pengerajin atau pengasah batu akik menggunakan mesin dinamo yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa hingga bisa memutar batu asah secara maksimal . Dengan mesin ini , diharapkan pengerjaan batu akik dapat berjalan dengan cepat dan lebih efisien waktu dan tenaga .
Dalam teknik mengasah batu akik yang benar , diperlukan ketelitian dan insting yang kuat untuk melihat bentuk dari sebuah batu akik . Jika anda tidak memiliki insting yang kuat , tentu hasil pengerjaan anda tidak akan maksimal dan akan terlihat buruk . Insting mengasah batu akik dapat dilatih dengan membiasakan mengasah batu akik . Pengalaman adalah guru yang paling berharga dalam hal ini .
Cara Mengasah Batu Akik Yang Benar
Setiap pengasah batu akik , harus mengetahui dengan pasti karakteristik dari sebuah batu yang memiliki kekerasan yang rendah atau kekerasan yang tinggi . Dengan mengenal karakteristik dari sebuah batu akik , anda dapat mengasah batu tanpa adanya resiko kerusakan pada batu akik . Untuk jenis batu akik yang memiliki kekerasan yang rendah , tentunya anda membutuhkan kesabaran . Selain itu juga anda perlu untuk menjaga suhu dari batu yang anda kerjakan .
Proses pembentukan dari sebuah batu akik juga harus diperhatikan . Dimana banyak pengasah batu akik yang belum memahami sepenuhnya cara membentuk batu akik . Membentuk batu akik menjadi bulat , lonjong atau sesuai selera membutuhkan skill yang harus dilatih . Anda dapat mencontoh bentuk dari sebuah batu yang sudah diasah sebelumnya oleh orang lain . 
Untuk membentuk batu akik , yang harus anda lakukan hanyalah membentuk sebuah pola . Pola ini yang nantinya akan anda ikuti . Pola tersebut adalah bentuk dari batu cincin bila dilihat dari atas . Awalnya anda memerlukan ketelitian dalam hal tersebut . Insting diperlukan untuk bisa membuat pola yang cantik dan sesuai dengan ukurang ikatan atau cangkang dari batu cincin .
Setelah proses pembentukan pola , yang harus anda lakukan adalah pembentukan sisi . Sisi adalah bagian yang bila anda lihat dari samping . Sisi ini bisa anda ukur melalui bagian utara dan selatan batu . Selalu memperhatikan bentuk dan pola . Tetap jaga pola yang sudah dibentuk diawal . 
Cara mengasah batu akik yang benar adalah tetap menjaga suhu dari batu tersebut . Gesekkan batu akik dengan batu asah membentuk suhu yang sangat panas . Biasanya para pengerajin mengakalinya dengan menggunakan infus buatan yang selalu meneteskan air diatas batu asah . Batu akik yang memiliki kekerasan yang rendah , sangat rentan retak bila suhu saat mengasah terlalu panas . Jangan sampai mengasah lebih dari 5 detik . Kasih jedah saat anda memasukkan batu akik kedalam air .

Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger