Home » » Apakah Batu Badar Besi Mengandung Magnet

Apakah Batu Badar Besi Mengandung Magnet

Batu badar besi adalah sebutan untuk sebuah batu akik yang memiliki ciri-ciri kandungan besi dominan didalamnya . Dalam penyebutannya , badar besi juga sering disebut sebagai batu badar lumut besi . Hal ini dikarenakan , struktur corak yang ada didalam kandungan batu badar besi terlihat seperti lumut .

Batu badar besi hanyalah untuk jenis yang mengandung besi . Hal ini hanyalah sebutan di pasaran , tentang batu yang bisa lengket apabila didekatkan oleh magnet . Lalu , apakah batu badar besi mengandung magent ? . Pertanyaan ini dikirimkan langsung oleh pembaca kami Mas Kuskus12 .

Untuk menjawab pertanyaan ini . Kita haru pahami terlebih dahulu , kandungan dan struktur batu yang ada didalam badar besi .

Badar Besi disebutjuga Hematite adalah sebuah bentuk dari mineral besi mineral besi(III) oksida (Fe2O3). Hematite mengkristalisasi dalam sistem rombohedral, dan memiliki struktur kristal yang sama dengan ilmenit dan korundum. Hematite dan ilmenit membentuk larutan padat pada suhu 950 °C.

Hematite merupakan mineral yang berwarna hitam hingga abu-abu perak atau baja, coklat hingga merah kecoklatan atau merah. Dalam skala kekerasan, hematite berada dalam skala 5 dari 6 Skala Mohs .


Apakah Batu Badar Besi Mengandung Magnet


Jadi , jika kita perhatikan bahwa sebenarnya batu badar besi tidak mengandung magnet sama sekali . Lalu bagaimana bisa batu badar besi lengket saat di dekatkan besi berani atau magnet buatan ? .

Hal ini dikarenakan batu badar besi mengandung senyawa mineral besi yang sangat dominan . Hal ini lah yang memicu badar besi bisa lengket apabila sudah didekatkan ke magnet . Perlu anda ketahui bahwa magnet yang selama ini kita pakai di rumah-rumah adalah  magnet buatan .

Magnet alami terdapat pada Magnet Samarium-Cobalt : salah satu dari dua jenis magnet bumi yang langka, merupakan magnet permanen yang kuat yang terbuat dari paduan samarium dan kobalt.


Jadi apakah badar besi mengandung magnet ? . Tentu jawabannya adalah tidak . Tetapi badar besi adalah jenis batu akik yang mengandung mineral besi , dan dapat melekat pada magnet .
Sumber
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger