Home » » Cara Mencari dan Menemukan Batu Akik Sendiri

Cara Mencari dan Menemukan Batu Akik Sendiri

Batu akik kini menjadi trend di indonesia , pria maupun wanita sangat senang memakainya . Seiring dengan trend batu akik yang kian melambung tinggi , membuat harganya pun semakin tidak terjangkau oleh kita yang notabene tidak memiliki uang lebih untuk mengalokasikan uangnya untuk membeli perhiasan batu akik . Namun , tanpa menggunakan uang , anda dapat memiliki batu akik sendri secara gratis . Bagaimana caranya ?

Yang perlu anda ketahui bahwa batu akik adalah batuan yang berasal dari alam . Namun karakteristik dan kandungan batunya , membuat batu tersebut memiliki nilai jual yang tinggi . Sejak dahulu , nenek moyang kita sudah mengenal batu akik sebagai bagian dari perhiasan . Jika anda tidak memiliki uang untuk membeli batu akik , bisa jadi lingkungan anda memungkinkan untuk anda menemukan batu akik secara gratis di alam , tetapi ingat ! jangan sampai anda merusak alam itu sendiri . Syukur-syukur jika batu akik yang anda temukan memiliki nilai jual yang tinggi karena keunikannya .

Jika di daerah anda memiliki karakteristik banyaknya bebatuan , seperti kerikil , batu padas , dan lain-lain merupakan ciri-ciri jika ditempat anda terdapat batu akik . Untuk menemukannya , kita harus mempersiapkan alat-alatnya terlebih dahulu .


Alat Yang Digunakan Untuk Mencari Batu Akik

Seperti berperang , kita tentunya memerlukan peralatan perang . Sama hal nya dengan kita mencari batu akik di alam , tentu kita juga memerlukan perlatan tersebut . Apa saja peralatannya ? . Peralatan-peralatan dibawah ini merupakan bagian dari peralatan yang harus dibawa oleh anda . Jika anda sedikit berinovasi , anda bisa menambahkan peralatannya .
  1. Martil - Alat yang pertama adalah martil . Jika anda tidak memiliki martil , anda dapat menggunakan besi yang sedikit panjang . Fungsi dari alat ini adalah mengetahui karakteristik batu dengan memukul lapisan luarnya yang tertutup oleh tanah atau lumut .
  2. Senter - Alat yang kedua adalah senter . Dengan menggunakan senter , anda dapat mengetahui apakah jenis batu tersebut tembus cahaya atau tidak . Jika tembus cahaya , kemungkinan besar bahwa batu tersebut adalah akik . Namun tidak semua akik memiliki karakteristik tembus cahaya , jangan lupa memperhatikan corak yang terdapat pada batu tersebut .

Cara Menemukan dan Mencari Batu Akik di Lingkungan Rumah

Anda bisa mencarinya di lingkungan rumah anda . Artikel kami tidak menganjurkan anda untuk merusak lingkungan karena berburu batu akik . Bijak dalam bersikap , karena batu juga sangat bermanfaat bagi struktur tanah di lingkungan anda . Artikel kami hanya bermaksud membuka fikiran anda untuk segala sesuatu yang ada di alam dan di lingkungan anda .
Mulailah dari lingungan rumah , perhatikan batu-batu yang ada di tanah . Pada umumnya batu yang berada di tanah hanyalah batu krikil yang mudah lapuk dan tidak cocok untuk dijadikan perhiasan batu akik . Jika tidak ada apapun yang anda dapatkan di lingkungan rumah , anda dapat pergi ketempat yang memiliki aliran sungai . 
Sungai merupakan tempat yang paling ideal untuk anda menemukan batu akik . Banyak sungai di indonesia yang menghasilkan batu akik ternama dan terpopuler . Mungkin saja , sungai di lingkungan anda terdapat batu akik dan mungkin saja akan menjadi batu akik terpopuler berikutnya . Contohnya  saja adalah batu akik sungai dareh dan batu akik sungai klawing .
Untuk mempermudah anda dalam menemukan batu akik , berikut ciri-ciri batu yang bisa dijadikan batu akik .
  • Batu yang bisa dijadikan akik memiliki karakteristik keras dan bermotif . Anda dapat mengujinya dengan memukulkan batu tersebut dengan martil . Jika batu tersebut tidak hancur seperti tanah , kemungkinan besar batu tersebut dapat diasah dan digosok menjadi batu akik . Namun jika batu pecah , atau terdapat lempengan yang terpisah , yang demikian merupakan ciri-ciri jika batu tersebut bisa dijadikan batu akik .
  • Tembus cahaya . Jika anda mendapatkan batu yang tembus cahaya , kemungkinan besar batu tersebut dapat dijadikan batu akik . Namun jangan terfokus pada batu yang tembus cahaya , seperti apa yang kami sebutkan diawal bahwa ada sebagain batu akik yang memiliki karakteristik tidak tembus cahaya .
Batu Giok Aceh 20 Ton Yang Ditemukan Warga
Untuk lebih memahami karakteristik bongkahan batu akik . Anda dapat pergi sambil berjalan-jalan ketempat pedagang batu akik yang menjual bongkahan . Dari situ , anda dapat mempelajari  tipikal batu yang dapat dijadikan batu akik .

Manfaat Mencari dan Menemukan Batu Akik Sendiri

Manfaat apa yang akan anda dapatkan kalau anda menemukan batu akik sendiri ? . Berikut manfaat yang bisa anda dapatkan jika anda berhasil menemukan batu akik sendiri .
  1. Dapat memiliki batu akik tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun .  
  2. Anda dapat menjual batu akik tersebut untuk menambah pendapatan .
  3. Jika anda menemukan batu akik yang unik , dan batu tersebut hanya terdapat di daerah anda , anda dapat menjadi orang yang terkenal . Untuk membuat anda terkenal , anda dapat menamakan batu tersebut dengan nama panggilan anda .
Siapakah orang yang pernah berhasil melakukan hal tersebut ? . Di adalah Abah Edong , sang penemu batu akik pancawarna . Saat ini , batu akik yang berasal dari tempanya menggali batu dinamakan batu akik edong .Sumber
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger