Home » » Panduan Memasang Fane Page FACEBOOK pada Blogger

Panduan Memasang Fane Page FACEBOOK pada Blogger

MEMASANG FANE PAGE FACEBOOK PADA BLOG
Dalam sebuah blog, sering kali kita menjumpai adanya like box facebook atau sering disebut dengan kotak fine page facebook. Selain keren, secara tidak langsung kotak ini juga dapat menginformasikan berapa orang yang telah mengunjungi blog kita, walupun tidak semaksimal flagcounter yang dapat menginformasikan semua pengunjung dan asal mereka. Hanya bedanya kita mengetahui jumlah orang yang menyukai blog kita lewat fane page tersebut.

Pada dasarnya fane page sendiri berfungsi untuk mengetahui jumlah orang yang yang menyukai fane page facebook yang telah kita buat. Biasanya fane page itu menjelaskan apa aja yang ada dalam blog kita lewat facebook. Untuk lebih jelasnya kita langsung masuk cara untuk membuat fane page untuk blog kita.

Tutorila membuat fane page

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah login ke facebook kita di www.facebook.com
  2. Jika sudah kemudian buka tab baru pada web browser kita (ctrl + t). Setelah itu buka alamat berikut http://www.facebook.com/pages/create.php
  3. Jika sudah maka akan muncul tampilan berikut. Setelah itu pilih salah satu kategori yang sesuai dengan kriteria blog sobat, sebagai contohnya saya memilih perisahan,organisasi atau institusi seperti gambar dibawah ini. 
  4. Setelah itu akan muncul tampilan berikut, kemudian isikan data yang diminta sesuai dengan jawaban anda. Sebagai contoh saya memilih tipe komputer atau teknologi dan saya beri nama pidifi, kemudian klik mulai 
  5. Kemudian akan muncul 4 tahapan dalam pengisian data, untuk langkah pertama anda harus mengisikan diskripsi tentang blog anda, jika anda merasa bingung anda bisa kosongkan terlebih dahulu, jika sudah klik simpan info untu lanjut ketahap berikunya. 
  6. Setelah itu anda diminta untu mengisi profil anda, kemudian upload foto yang akan anda gunakan seperti gambar dibawah ini. Jika sudah klik menu selanjutnya. 
  7. Dan langkah selanjutnya adalah menuliskan alamat fane page facebook yang kita kita inginkan seperti gambar dibawah ini. 
  8. Setelah itu anda akan disuruh untuk mempromosikan blog anda, jika anda merasa tidak perlu anda bisa mengabaikannya dan klik lewati seperti gambar dibawah ini. 
  9. Dan akhirnya fane page facebook anda sudah jadi dan akan muncul tampilan seperti berikut. 
  10. Tidak hanya sampai disitu, selanjutnya kita harus membuat  kotak fane facebook yang akan kita letakkan pada blog kita. Langkah selanjutnya anda buka alamat berikut pada tab baru yang ada pada web browser sobat (ctrl + t) http://developers.facebook.com/docs/plugins
  11. Setelah itu anda akan menuju kehalaman facebook developers. Kemudian pilih like box seperti gambar dobawah ini. 
  12. Selanjuntnya anda harus mengisikan alamat url facebook yang telah sobat buat pada kolom facebook page URL, dan selanjutnya sobat akan disuruh untuk mengisi panjang dan dan lebar like box sesuai dengan ukuran widget yang ada pada blog kita, jika sudah klik get code untuk mendapatkan code scriptnya seperti pada gambar berikut. 
  13. Kemudian klik inframe dan copy codenya. Code inilah yang akan kita masukkan pada HTML/JavaSript yang ada pada blog kita. 
  14. Dan langkah selanjutnya adalah memasukkan code tersebut kedalam blog kita, dan sebelum kita memulainya terlebih dahulu kita harus login di www.blogger.com 
  15. Kemudian sobat akan dibawa kehalaman home dan pilih tata letak seperti gambar berikut. 
  16. Selanjutnya klik tambah gadget dan pilih HTML/JavaScripts seperti gambar dibawah ini. 

  17. Jika sudah kemudian akan muncul kolom untuk memasukkan code script like box facebook kita dan masukkan juga judulnya 
  18. Selamat fane page facebook sobat sudah jadi, tinggal sobat cek alamat blog sobat.
Sumber
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Info Panduan Cek - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger